Sabtu, 19 Oktober 2013

Keuangan Islam

Keuangan Islam : Solusi untuk Sistem Keuangan Global?

PENDAHULUAN
            Awal bulan September 2008, dunia mengamati pasar keuangan di seluruh dunia mulai mengalami penurunan drastis. Dengan berita lembaga keuangan bermasalah, masalah diperluas, dan kata-kata seperti "resesi besar" atau bahkan "depresi" mulai digunakan. Informasi lebih lanjut mengungkapkan bahwa sebagian besar gangguan yang ada disebabkan pada lembaga keuangan di Barat, terutama di Amerika. Perusahaan investasi dan bank-bank yang bermasalah  memegang "aset-aset beracun" yang dipilih sebagai sumber utama dari krisis ekonomi yang mencengkeram dunia itu. Warga negara dari beberapa negara mulai mendengar kata-kata seperti sekuritisasi, kelalaian menukar kredit dan istilah lainnya yang digunakan untuk menggambarkan penyebab dari krisis ekonomi. mungkin banyak yang melihat bahwa sistem keuangan telah menjadi terlalu rumit, terlalu serakah, tidak transparan, dan mengatur kalangan dibawah. Di Amerika Serikat, banyak pinjaman yang dibuat untuk peminjam yang tidak memenuhi syarat, dan pinjaman mereka kemudian dibendel dan dijual kepada investor lain. Ketika pasar membuat kenaikan yang menakjubkan, permasalahan telah disembunyikan. Namun, setelah itu pasar mulai memperbaiki kartu keuangan dengan meningkat nilai-nilai dan pinjaman yang dipertanyakan mulai turun. Sistem keuangan tampaknya meledak, dan pertanyaan yang meningkat tentang struktur fundamental dari sistem keuangan tradisional. Ketika investor dan orang yang lain mulai mencari jawaban, keuangan islam muncul sebagai obat mujarab yang mungkin bagi sistem keuangan global itu. Istilah-istilah seperti riba, sukuk, dan mudharabah mulai terdengar di kalangan keuangan tradisional sebagai pendukung keuangan Islam untuk mempromosikan model mereka dari pembiayaan berdasar pada aset agar lebih aman dan lebih tahan lama.
DASAR KEUANGAN ISLAM
            Konsep keuangan Islam adalah larangan membayar atau menerima bunga atau riba. Menurut yaitu Sheikh Nizam Yaquby, seorang ahli pencatatan dalam keuangan Islam mengatakan bahwa, "Tidak ada dosa dalam alquran bahkan tidak saja mabuk bahkan tidak saja homoseksual yang bisa jadi serius dan sama menjijikkan seperti berhadapan dengan riba" (Power 2.009 p. 70). Keuangan Islam adalah berbasis aset dan membutuhkan pembagian risiko. Spekulasi dan posisi perbedaan yang sangat besar  tidak diperbolehkan menurut hukum Islam. Selain riba, sharia melarag gharar atau penipuan, maisir atau perjudian, dan dilarang  berinvestasi dalam industri yang haram seperti produk babi, alcohol, pornografi.
Ada berbagai cara untuk terlibat di dalam bidang keuangan dengan mengunakan prinsip-prinsip Islam, termasuk pembiayaan pribadi dan investasi ekuitas. Selain itu terdapat berbagai pengaturan kelembagaan, dari jendela islam pada lembaga keuangan yang lama ke bank yang sesuai dengan islam. Mungkin instrument keuangan yang paling di kenal dan paling sukses adalah sukuk, setara dengan obligasi islam. Asset keuangan islam dunia di perkirakan berada di kisaran $ 1 triliun dan bisa empat kali lipat dalam beberapa tahun ke depan (Hanware 2009). Tanpa kemampuan membayar atau menerima bunga, keuangan islam telah menjadi lebih kreatif. Beberapa pengaturan keuangan baru telah dikembangkan termasuk murabah.  Murabahah adalah sebuah  perjanjian pembelian aset bank, seperti real estate, untuk klien dengan pengertian bahwa klien akan membeli aset dari waktu ke waktu dengan alokasi yang dibangun pada pembayaran untuk mendapatkan keuntungan. Pengaturan lain disediakan untuk menyewa aset atau menyediakan modal untuk usaha. Dalam kasus modal usaha, lembaga keuangan mengambil sebagian kepemilikan bukannya pembayaran bunga (Nouel 2007). Dengan pertumbuhan keuangan Islam, lembaga telah dikembangkan di seluruh dunia untuk menawarkan jasa keuangan kepada nasabah yang ingin mematuhi syariah, atau hukum Islam. Menurut International Moneter Fund (IMF) ada lebih dari 300 lembaga keuangan syariah di lebih dari 50 negara (Sole 2007) dan mengingat tren saat ini, masuk akal untuk menyimpulkan bahwa angka akan terus tumbuh di tahun-tahun mendatang.
            Namun demikian, keuangan islam, juga pasar yang berkembang untuk lembaga keuangan di luar dominasi Negara muslim. Bagaimanapun, tidak semua Negara muslim menerima keuangan islam. Contohnya saja Mesir dan maroko. Pemerintah Mesir telah mengambil pengendalian posisi bank syariah Negara, karena ketakutan penyebaran fundamentalisme islam , dan ini telah menghambat pengembangan perbankan islam dalam negri (Mouawad 2009). Pemerintah Maroko juga enggan mengizinkan perbankan islam, alasannya hampir sama seperti mesir. Di beberapa Negara seperti India, dan Nigeria, dimana konflik anatara muslim dan non muslimadalah masalah , perbankan islam juga tidak diizinkan berkembang.


Gambar 1.
Pasar modal Islam Terpopuler
Islamic Assets                        Percent of Sector
Kuala Lumpur, Malaysia                   $50.0B                                    12.9
Dubai, UAE                                        $46.3B                                    13.5
Manama, Bahrain                               $16.4B                                    6.5
Doha, Qatar                                        $14.8B                                    18.2
London, England                                $10.0B                                    .05
Singapore                                            $1.80B                                    6.5
Kuala lumpur, memantabkan dirinya sebagai sebagai pusat perbankan islam yang besar dan telah berhasil melakukan transaksi keuangan islam selama lebih dari tiga puluh tahun.
Sementara jumlah yang pasti sulit didapat, tidak ada banyak keraguan bahwa
negara-negara minyak yang kaya menjadi lebih kaya dengan kenaikan harga minyak mentah,
bank
barat dan lembaga keuangan lainnya di Barat mulai memperhatikan dan membangun
jasa keuangan yang sesuai syariah. Di samping kenaikan harga minyak mentah, kemajuan teknologi dan perbankan online telah membuatnya menjadi layak untuk membangun
keuangan pusat yang dapat melayani klien dari seluruh dunia
.
Issu Keuangan Islam
            Dari yang kita lihat melalui peristiwa baru, model keuangan yang lama  bukan tanpa masalah, bagaimanapun, keuangan islam juga memiliki kelemahan. Keuangan islam juga dapat dilihat hanya sebagai pengemasan ulang dari instrument keuangan yang lama untuk terlihat seperti sharia complient. Sebuah studi oleh Organisasi Akuntansi dan Audit untuk
Lembaga Keuangan Islam (AAOIFI) melaporkan bahwa 85% dari obligasi yang dijual se
suai dengan syariah pada kenyataannya tidak sesuai (Power 2009). Islam memiliki pemikiran berbeda dan interpretasi yang berbeda muncul seperti apa yang diperbolehkan menurut syariah. Selain masalah konsistensi dan legitimasi, masalah termasuk kurangnya standarisasi, terbatasnya jumlah instrumen keuangan yang diperbolehkan di bawah syariah, kekurangan cendekiawan  yang memenuhi syarat untuk mengevaluasi investasi yang diusulkan, larangan yang cenderung untuk  membatasi likuiditas, kuantitas, dan diversifikasiaset, dan sistem yang tidak memiliki otoritas regulasi terpadu.
            Likuiditas merupakan masalah dalam keuangan islam, serta diversifikasi, manajemen resiko, dan ketersediaan modal dan biaya. Pada dasarnya asset sistem keuangan jangka panjang, masalah likuiditas dapat timbul dalam keuangan islam. Pasar uang menyediakan likuiditas pada lembaga keuangan. Dan sistem pasar uang pada dasarnya berdasarkan bunga
Selain itu, dengan membatasi sumber dana yang tersedia untuk setiap individu atau organisasi, pasokan dana akan berkurang, dan dalam teori, meningkatkan biaya modal. Jika investor memiliki ketersediaan untuk semua pasar keuangan (S) biaya modal akan lebih rendah daripada mereka yang beroperasi di arena terbatas (SI). Demikian juga, dengan membatasi investasi yang dimungkinkan  karena pembatasan syariah, tingkat diversifikasi berkurang, dan dalam teori, risiko meningkat. dengan membatasi aset kepemilikan hanya orang-orang yang sesuai syariah, dan membatasi variasi instrumen keuangan yang berbeda ,pilihan lebih sedikit mengurangi kesempatan untuk diversifikasi. Kurang Diversifikasi umumnya dikaitkan dengan risiko yang lebih besar.
Syariah melarang spekulasi dan mempertanyakan penggunaan
dari turunan dan instrumen keuangan berbasis
non asset. Meskipun ada langkah untuk
membuat turunan syariah
complient oleh Swaps Internasional dan derivates association
(Flynn 2008 & Jobst 2009), penafsiran hukum Islam mengenai spekulasi
membuat tugas ini sulit dan tunduk pada kontroversi.
 Kebutuhan untuk transparansi yang lebih besar, hukum kerangka kerja, dan standarisasi (Hesse, Jobst, & Sole 2008 & Jobst 2007). Ini benar tidak hanya di derivate , tetapi di seluruh sistem keuangan Islam.
Kekhawatiran lain di bidang keuangan adalah jumlah orang yang memenuhi syarat menerbitkan atau mengeluarkan persetujuan atas instrument keuangan islam sangat kecil. Ram (2008) hanya 20 orang yang memenuhi syarat untuk membuat penilaian semacam itu. Mengingat kebutuhan pengetahuan yang luas dari hukum islam, pelatihan lanjutan di bidang keuangan,dan kemampuan berbahasa. Lembaga keuangan syariah kekurangan sumber daya insane untuk seleksi.
Sementara keuangan islam memiliki likuiditas, diversifikasi, dan lainnya, mungkin masalah terbesar yang dihadapi ceruk pasar keuangan adalah kurangnya standarisasi dan regulasi. Modi (2007) menyatakan bahwa masalah yang paling mendesak yang dihadapi keuangan islam adalah kebutuhan pengaturan standar serta integrasi terfragmentasi sistem perbankan islam. Amol Prabhu, seorang anggota Komite Dokumentasi Islam Islam Internasional
Pasar keuangan, "
Banyak tidak ada hitam dan putih dalam semua ini. Ada banyak abu-abu.
Kadang-kadang kita menemukan bahwa masalah yang sama terjadi pada transaksi yang berbeda namun ditangani dengan
dengan cara yang sama sekali berbeda "(International Financial Law Review 2008). Beberapa berpendapat bahwa regulasi keuangan Islam harus fokus pada cara di mana kegiatan keuangan dilakukan, bukan substansi kegiatan (Henderson 2007). Hal ini akan membuat regulasi yang sama dengan yang ditemukan di negara-negara non-muslim. Sistem semacam itu   nampaknya  bekerja di Dubai, dan mungkin bisa menjadi model bagi dunia Islam.
Resiko lain tidak hanya sebatas pada keuangan Islam, pemilik aset tetap di pasar aset menurun. Sementara bank-bank Islam tidak terjebak dalam penyelenggaraan besar "Aset beracun" karena kurangnya utang sekuritas (Khalaf 2009), memiliki aset dijumlah besar di pasar menurun mengkhawatirkan.
Keuangan Islam telah berkembang pada tingkat yang mengesankan dalam beberapa tahun terakhir dan tampaknya telah mampu menangani masalah yang disebutkan dalam makalah ini. Sedangkan penelitian agak terbatas dalam hal spesifik contoh, studi tentang bank syariah di Pakistan menunjukkan bahwa bank-bank tersebut mampu mempertahankan kinerja keuangan yang baik, likuiditas yang memadai, dan manajemen risiko yang lebih baik (Siddiqui 2008). Keuangan Islam mungkin sebenarnya kurang berisiko bagi investor, sebuah laporan baru-baru ini diterbitkan menemukan bahwa Dow Jones Islamic Index (DJIS) mengungguli Dow Jones Dunia Index (DJIM) selama periode 1996-2005 (Al-Zoubi & Maghyereh 2007). Risiko yang lebih rendah ini disebabkan model berbasis aset dan risiko-berbagi keuangan Islam. Perbankan Islam mungkin akan terus tumbuh dan memenuhi pasar bagi mereka yang ingin, atau perlu, untuk memenuhi persyaratan syariah.
Kesimpulan
Keuangan Islam merupakan tempat menarik dan dibutuhkan dalam industri keuangan, walaupun belum bisa menjadi pengganti bagi keuangan yang lama. Fakta bahwa uang itu sendiri tidak dilihat sebagai aset dalam dirinya sendiri membuat konsep tradisional dalam pengelolaan keuangan seperti nilai waktu dari uang kurang berguna. Teknik tradisional dari manajemen keuangan harus secara radikal diubah agar sesuai dengan pandangan Islam tentang uang. Sebagai ceruk pasar menarik bagi pengikut Islam, serta mereka yang peduli tentang investasi di apa yang mungkin investasi sosial tidak dapat diterima, keuangan Islam tampaknya menjadi alternatif yang baik. Dalam keadaan sekarang, bagaimanapun, keuangan Islam mempunyai sejumlah masalah yang tidak dapat membuatnya menjadi obat mujarab untuk sistem keuangan global. Isu standardisasi dan regulasi, likuiditas, diversifikasi, kekurangan pengawas yang berkualitas, dan persepsi negatif beberapa alasan bahwa keuangan Islam akan tetap hanya sebuah ceruk di industri jasa keuangan.





.

15 komentar:

  1. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  2. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berulang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengan jumlah pasti yang saya berikan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    BalasHapus
  3. Halo

    Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda membutuhkan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} adalah Disini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga memberikan 100% penawaran untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, pengangkut, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi atas apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga bisa menghubungi kami dengan cara BBM pin (DB5121C1) kejujuran kepercayaan dalam pelayanan kami
    Assalamu`alaikum wr wb,

    BalasHapus
  4. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  5. Halo Nama saya Habibie Hidayat ke dalam pelaksanaan proyek saya juga merupakan penasihat khusus mengenai masalah teknis karena orang-orang ini berkonsultasi dengan saya dalam berbagai isu terkait proyek yang saya katakan adalah konsultan teknis. Saya sangat senang karena hasil dari pengetahuan syair saya dalam masalah proyek, orang-orang juga mulai menghubungi saya di tempat yang terpercaya dan berkomitmen untuk mendapatkan pinjaman mereka sehingga memungkinkan mereka mendanai proyek mereka dan karena saya suka membantu orang dan juga sebagai akibat dari layanan tanpa pamrih saya. Bagi umat manusia dalam hal proyek yang menuntut jumlah besar, panggilan pertama saya adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM ini adalah perusahaan yang tujuan utamanya adalah untuk memberikan bantuan keuangan kepada semua kliennya saya karena dihubungi untuk mengawasi proyek tertentu yang dikeluhkan oleh klien saya dia tidak memiliki cukup dana untuk proyeknya, saya harus mengarahkannya ke Ibu Iskandar setelah pinjamannya berhasil disetujui oleh Borad dan semua detilnya mencantumkan pinjamannya sebesar billi ons berhasil dipindahkan ke akunnya tanpa ada tekanan silahkan sebagai penasihat teknis dan konsultan jika Anda menghubungi Ibu Iskandar sehingga Anda memiliki cukup dana untuk proyek Anda atau Anda memerlukan Jutaan untuk bisnis Anda dan keperluan pribadi lainnya sekarang. Tempat yang tepat untuk pergi adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM karena mereka memberikan pinjaman adalah berbagai mata uang (RP, RYM, $) jika Anda membutuhkan pinjaman segera tanpa jaminan keamanan {KTA}, Anda dapat menghubungi mereka melalui email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} tolong Anda harus menjadi klien yang tulus dan berkomitmen karena akan menjadi tidak saleh bagi Anda untuk mencuri uang Ibu dan melarikan diri jadi mohon memproses pinjaman Anda dengan Ibu Iskandar dengan pikiran bersih karena dijamin oleh Anda jika Anda meminjamkan disetujui Anda akan mendapatkan pinjaman jadi mohon lupakan perusahaan lain yang menipu Anda sebelum Ibu ada di sini untuk menyelamatkan Anda dari krisis finansial manapun yang Anda hadapi karena yakin bahwa semua trauma yang Anda hadapi gh adalah seluruh InshyaAllah.Anda juga dapat menghubungi Ibu melalui BBM INVITE-nya: {D8980E0B} karena pinjaman Anda akan berhasil dipindahkan ke rekening Bank Anda tanpa ada tekanan dan juga jangan lupa untuk menghubungi saya {habibiehidayat1@gmail.com} ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM pasti akan membawa kehidupan finansial ke keluarga Anda, proyek dan banyak lagi{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} BBM INVITE-nya: {D8980E0B}{habibiehidayat1@gmail.com}

    BalasHapus
  6. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  7. Halo

    Saya ingin memberi tahu Anda tentang perusahaan pinjaman online yang dapat dipercaya dan bagaimana mereka mengasuh saya secara finansial

    Beberapa kali saya telah mengajukan permohonan pinjaman online karena persyaratan pinjaman bank di luar saya sehingga saya online adalah saya bertemu banyak pemberi pinjaman dengan janji manis membantu saya dengan pinjaman tetapi mereka semua gagal dan membuat kondisi saya bahkan terburuk

    Jadi suatu hari saya melihat kesaksian (Efendi Queen Lisa) bersaksi tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND kepada saya itu normal karena ada begitu banyak kesaksian palsu online tetapi roh saya mengatakan kepada saya untuk mencoba perusahaan sehingga saya dihubungi (Ny. Efendi) dia menceritakan bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari perusahaan dan dia memberi saya kepercayaan diri sehingga saya menghubungi perusahaan tersebut dan mereka menyambut saya dan dan saya mengikuti prosedur peminjaman mereka dan kepada saya beberapa hari setelah saya mendapat pinjaman dari Jadi saya menghubungi (Ny. Efendi) dan menyatakan rasa terima kasih saya kepadanya dengan memberinya uang, tetapi dia menolak dan mengatakan kepada saya untuk pergi dan mengurus masalah keuangan saya.

    Jadi di sini untuk memberitahu semua orang untuk menjadi bijaksana karena mereka mengajukan pinjaman online karena ekonomi Indonesia sulit bagi seseorang untuk mengambil sedikit yang saya miliki dengan trik jadi saya katakan kepada Anda menjadi bijaksana
    Jika Anda menginginkan pinjaman asli, silakan hubungi perusahaan

    ## ONE BILLION RISING FUND
    ## onebillionrisingfund@gmail.com


    Hubungi saya @ J Stephanie
    stephanie2steph@gmail.com

    BalasHapus
  8. Halo

    Saya ingin memberi tahu Anda tentang perusahaan pinjaman online yang dapat dipercaya dan bagaimana mereka mengasuh saya secara finansial

    Beberapa kali saya telah mengajukan permohonan pinjaman online karena persyaratan pinjaman bank di luar saya sehingga saya online adalah saya bertemu banyak pemberi pinjaman dengan janji manis membantu saya dengan pinjaman tetapi mereka semua gagal dan membuat kondisi saya bahkan terburuk

    Jadi suatu hari saya melihat kesaksian (Efendi Queen Lisa) bersaksi tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND kepada saya itu normal karena ada begitu banyak kesaksian palsu online tetapi roh saya mengatakan kepada saya untuk mencoba perusahaan sehingga saya dihubungi (Ny. Efendi) dia menceritakan bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari perusahaan dan dia memberi saya kepercayaan diri sehingga saya menghubungi perusahaan tersebut dan mereka menyambut saya dan dan saya mengikuti prosedur peminjaman mereka dan kepada saya beberapa hari setelah saya mendapat pinjaman dari Jadi saya menghubungi (Ny. Efendi) dan menyatakan rasa terima kasih saya kepadanya dengan memberinya uang, tetapi dia menolak dan mengatakan kepada saya untuk pergi dan mengurus masalah keuangan saya.

    Jadi di sini untuk memberitahu semua orang untuk menjadi bijaksana karena mereka mengajukan pinjaman online karena ekonomi Indonesia sulit bagi seseorang untuk mengambil sedikit yang saya miliki dengan trik jadi saya katakan kepada Anda menjadi bijaksana
    Jika Anda menginginkan pinjaman asli, silakan hubungi perusahaan

    ## ONE BILLION RISING FUND
    ## onebillionrisingfund@gmail.com


    Hubungi saya @ J Stephanie
    stephanie2steph@gmail.com

    BalasHapus
  9. Nama saya Bakti Novita, saya berasal dari Bekasi sebuah kota di Jawa Barat, Indonesia, yang terletak di perbatasan timur Jakarta di dalam wilayah metropolitan Jakarta, beberapa bulan yang lalu saya tersedot ke dalam situasi keuangan yang buruk dan saya membutuhkan pinjaman mendesak untuk membayar tagihan dan kembali ke keuangan saya secara finansial karena situasi keuangan saya saat ini sehingga bank saya menolak memberi saya pinjaman, dia pergi dengan opsi lain untuk mencari pinjaman tanpa jaminan secara online, saya adalah korban penipuan dalam proses penelitian saya , dan saya kehilangan hampir EUR 1500 dan saya dalam kesulitan dan saya hampir berharap untuk mendapatkan pinjaman sampai saya menemukan pos online, postingan itu dibagikan kesaksian oleh Ratu Jamillah dari Surabaya, yang menunjukkan bagaimana dia menerima pinjaman sebesar € 50.000 dari KREDIT UNION DAYA LESTARI / ISKANDAR PINJAMAN LESTARI. setelah membaca posting, saya memutuskan untuk menghubungi Ibu Iskandar melalui email yang dibagikan di pos, permintaan tanpa jaminan saya untuk pinjaman sebesar EUR 350.000 disetujui dalam waktu 72 jam dari permintaan saya dan pinjaman saya dibayarkan ke rekening bank saya tanpa kelalaian apa pun. Saya ingin menyampaikan penghargaan saya yang dalam dan saya juga merekomendasikan agar pemohon pinjaman sangat waspada karena ada banyak penipu yang tujuan utamanya adalah untuk mendorong peminjam yang tidak bersalah, jadi Anda harus berhati-hati dan waspada. bagi mereka yang membutuhkan pinjaman yang nyata dan dapat dipercaya sebagai penerima manfaat, saya merekomendasikan KREDIT UNION DAYA LESTARI / ISKANDAR LESTARI, Anda dapat menghubungi mereka melalui info kontak berikut.


    BBM INVITE: {D8980E0B}
    WhatsApp Only :: {33753893351}
    e-mail: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus
  10. Apakah Anda memerlukan keuangan cepat dengan A.P.R yang relatif rendah? Kami menawarkan keuangan bisnis, keuangan pribadi, keuangan rumah, pembiayaan mobil, keuangan pelajar, keuangan konsolidasi utang, mis. tidak peduli skor kredit Anda. Kami dijamin memberikan layanan keuangan kepada banyak klien kami di seluruh dunia. Dengan paket pinjaman fleksibel kami, keuangan dapat diproses dan ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin, hubungi spesialis kami untuk saran dan perencanaan keuangan.

    Salam:
    Perusahaan: PINJAMAN RAMADHAN ISLAMIYAT
    email: (ramadhanislamiyatloans@gmail.com)
    PIN BB: (e32ddf1e)

    BalasHapus
  11. BERITA BAIK UNTUK ANDA SEMUA
    Apakah Anda telah ditolak akses ke pinjaman keuangan untuk membeli rumah, mobil, untuk membiayai diri sendiri atau mendirikan bisnis.
    Jangan khawatir lagi ... Cepat dan ajukan pinjaman lunak cepat Anda di GARY REYMOLDS LOAN FIRM.
    Kami memberikan semua jenis pinjaman kepada individu dan perusahaan dengan tingkat bunga rendah 2%.
    Hubungi kami melalui E-mail: garyreymolds36loanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  12. Selamat siang pak / nyonya

    Kami menyambut Anda ke PERUSAHAAN PINJAMAN ELIZEBETH ISAAC, di mana kami memberikan pinjaman asli dan serius seperti:



    LAYANAN PINJAMAN TERSEDIA TERMASUK:
    ================================
    * Pinjaman Komersial.
    * Pinjaman pribadi.
    * Pinjaman Bisnis.
    * Pinjaman Investasi.
    * Pinjaman Pembangunan.
    * Pinjaman Akuisisi.
    * Pinjaman konstruksi.
    * Pinjaman Kartu Kredit
    * Pinjaman Konsolidasi Utang
    * Pinjaman bisnis dan lainnya:

    Kami memberikan pinjaman bunga 2% tanpa agunan, sehingga kami dapat mengatakan bahwa kami memberikan PINJAMAN TANPA Agunan, Anda tidak perlu merasa buruk atau kecewa dengan bank yang meminta agunan, cukup hubungi kami dengan mengirim email kepada kami di:

    elizebethisaac@gmail.com

    Terima kasih

    kami menunggu untuk mendengar dari Anda segera

    BalasHapus
  13. Prediksi togel hongķong dan togel singapore Akurat 100% dan Arti Tafsir Mimpi

    https://www.klik4d.fun/prediksi-togel-akurat-hk-tanggal-21-november-2019/

    https://www.klik4d.fun/orang-indonesia-paling-suka-main-judi-togel-online/

    INFO Pendaftaran Togel : http://159.89.197.59/register/
    INFO Prediksi Togel : https://www.klik4d.site

    Agen Togel BOLAVITA
    BONUS POTONGAN GAMES TOGEL ONLINE

    PERMAINAN TOGEL KLIK4D :
    2D = 29,25%
    3D = 59,25%
    4D = 66%

    PERMAINAN TOGEL Isin4D :
    2D = 30%
    3D = 59%
    4D = 66%

    Bolavita Sekarang Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sekarang Bosku Sudah Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL Minimal Deposit 25rb.

    Boss Juga Bisa Kirim Via :
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  14. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus
  15. Apakah Anda membutuhkan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda.Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan karena alasan apapun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan keuangan Anda.Kami telah memberikan Miliaran (mata uang yang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis.Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tunjuk sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman segala jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk melunasi pinjaman Apakah Anda memiliki kredit macet? Apakah Anda butuh uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda?ISLAMIC REFINANCING LOAN COMPANY
    tujuannya adalah untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: [islamicrefinancing@gmail.com]
    WhatsApp:+15716666386

    BalasHapus