PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Seiring
dengan kemajuan jaman, banyak kegiatan yang dapat dilakukan secara efektif dan
efisien. Kita dapat memperoleh keuntungan dengan hanya duduk manis dirumah
tanpa harus keluar rumah atau bahkan berkeliling untuk menjual produk kita.
Manusia sudah tidak lagi mempermasalahkan antara jarak dan waktu untuk
berkomunikasi. Selain handphone sebagai media komunikasi jarak jauh, computer
dan internet muncul untuk melengkapi
kebutuhan manusia.
Dengan
munculnya internet, menyebabkan kebutuhan informasi manusia semakin tinggi. Hal
tersebut melahirkan kemajuan teknologi secara signifikan. Seseorang dapat
dengan mudah mengakses informasi penting tentang fenomena kejadian dibelahan
dunia lain, tanpa harus berada ditempat tersebut. Padahal untuk mencapai tempat
itu, memakan waktu berjam-jam, namun dengan hanya bermodalkan computer dengan
koneksifitas internet, informasi tersebut dapat diperoleh dalam hitungan detik.[1]
Sebaliknya, jika kita ingin mengirimkan atau menyebarkan berita, foto, video,
data dll, akan sampai kepada orang yg kita tuju atau bahkan tersebar ke seluruh
dunia.
Salah satu penggunaan internet adalah untuk memasarkan produk
atau promosi. Menurut (Swasta dan Irawan, 1997: 34) Promosi adalah arus informasi atau persuasi
searah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan
yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Banyak perusahaan yang
memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya. Selain untuk memecahkan
masalah dalam perusahaan dengan berbagai strategi, Sistem informasi Manajemen
telah membuka wawasan bagi para Bisnis-man untuk menyampaikan informasi dan
memasarkan produk dengan mudah, murah dan cepat. Namun, yang akan dibahas dalam
makalah ini adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan aksesoris
wanita (pernak-pernik).
Facebook
dan twitter merupakan alat komunikasi online yang tepat untuk mempromosikan
aksesoris wanita. Mengingat facebook dan twitter adalah jejaring social yang
mempunyai pengguna paling banyak bahkan hampir seluruh belahan dunia
menggunakan facebook dan twitter, mulai dari anak-anak hingga dewasa dan dari
berbagai kalangan serta profesi. Seperti yang dilaporkan oleh Agarwal (2011)
bahwa pengguna facebook pada
bulan mei 2011 mengalami peningkatan sebesar 4.15%.[2] facebook dan twitter sebagai situs jejaring
sosial yang sarat akan informasi membuka kesempatan untuk mengembangkan usaha,
yaitu untuk mengiklankan atau menjual produk. Kita dapat mempromosikan produk
kita dengan cara memasang foto-foto aksesoris serta harga dan ukurannya di
facebook ataupun twitter, orang akan dengan mudah melihat produk yang kita
tawarkan dan dapat dengan mudah pula memesan produk kita.
Laba yang kita dapatkan melalui promosi online untuk sekarang ini
tampaknya lebih menjanjikan dibanding promosi melalui brosur, koran dan
sejenisnya. Kesempatan untuk mengembangkan usaha melalui facebook dan twitter
sangat luas, yaitu bisa dikunjungi market place yang ada di facebook
dan twitter untuk mengiklankan atau menjual produk. pembaca juga bisa
melihat, apa yang sedang trend saat ini dalam bidang usaha internet (Wiguna,
2009: 17). Tetapi perlu diingat juga bahwa promosi online khususnya melaui
facebook ada aturan mainnya. Seperti pendapat (Ivan: 2009) dunia korporat dan pelaku politik telah mulai melirik Facebook sebagai media promosi.
Sayangnya, banyak pihak masih belum juga mengerti aturan main, serta strategi
penggunaan layanan Facebook yang benar dan efisien.[3]
Terdapat kontradiksi antara pendapat yang satu dengan yang lainnya,
bahwa media social seperti facebook dan twitter memang mempunyai keunggulan
tersendiri dalam menstranfer informasi antar individu maupun kelompok apalagi
untuk memasarkan produk. Menurut Arwuda
Indonesia (Social Media Agency), media social justru dapat menyebabkan
antisocial. Mengapa demikian? Karena kita berinteraksi dengan tidak secara
langsung, dengan kata lain, melalui perantara yaitu computer dan internet.
Promosi
aksesoris online bisa dijadikan referensi bagi konsumen khususnya wanita
pencinta aksesoris untuk melakukan pembelian. Konsumen dapat mengambil sendiri
barang yang dipesan dengan datang ke counter aksesoris ataupun dapat juga
delivery dengan pembayaran transfer uang. Komunikasi antara penjual dan pembeli
perlu dijaga dengan baik agar umpan balik penjual dan pembeli saling
menguntungkan. Karena jika komunikasi antara penjual dan pembeli tidak terjalin
secara baik dan sempurna, maka salah satu pihak mungkin akan merasa dirugikan,
mengingat bahwa jual beli dilakukan secara online, dengan kata lain tidak
dengan tatap muka.
Salah
satu strategi untuk meningkatkan laba penjualan aksesoris adalah melalui
promosi online. Maka dari itu, peneliti mengambil judul: “PENGARUH
PROMOSI AKSESORIS MELALUI FACEBOOK DAN TWITTER TERHADAP LABA PENJUALAN.”
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
uraian dalam latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dari
penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana pengaruh promosi aksesoris melalui
facebook terhadap laba penjualan?
2. Bagaimana
pengaruh promosi aksesoris melalui twitter terhadap laba penjualan?
3. Mana
yang lebih banyak menghasilkan laba penjualan, apakah promosi melaui facebook
ataukah twitter?
C. Tujuan
Penelitian
Berdasarkan dengan
rumusan masalah di atas, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan:
1. Untuk
mengetahui pengaruh promosi aksesoris melalui facebook terhadap laba penjualan.
2. Untuk
mengetahui pengaruh promosi aksesoris melalui twitter terhadap laba penjualan.
3. Untuk
mengatahui seberapa banyak laba yang dihasilkan antara promosi melalui facebook
dengan promosi melalui twitter.
PEMBAHASAN
A.
Sosial Media Online
Media
sosial online merupakan media yang diciptakan untuk memudahkan orang-orang
saling berinteraksi dengan penggunaan teknologi internet yang mengubah
penyebaran informasi dari bersifat yang broadcast media monologue (satu
ke banyak audiens) ke social media dialogue (banyak audiens ke
banyak audiens). Jenis serta komposisi media sosial online di dunia virtual
sangat beragam, antara lain jejaring sosial (Facebook, Friendster, Linkedln,
dan sebagainya), microblogging platform (Twitter, Plurk, Koprol, dan
lain-lain), jejaring berbagi foto serta video (Flickr, Youtube, dan
sebagainya), Podcast, Chat rooms, Message board, Forum, Mailing list, serta
masih banyak lainnya.[4]
Sedangkan pengertian social media marketing adalah salah satu bentuk marketing
dengan menggunakan konsep Social Media (rasyid, 2009). Memasarkan
sesuatu (product, brand, issue, etc) menggunakan tools-tools social media dengan
memanfaatkan masyarakat yang turut berpartisipasi di social media. Salah
satunya adalah memanfaatkan jejaring social untuk memasarkan sebuah produk
yaitu melalui Facebook dan twitter.
Ø Facebook dan twitter
Facebook
dan twitter adalah jejaring social yang sekarang ini telah merebut perhatian
para penggunanya. Dua jejaring social yang sangat popular tersebut telah menggeser
friendster yang hanya mempunyai pengikut enam juta di Indonesia dan facebook
mencapai 1,7 juta dengan kecenderungan tumbuh pesat (Luthfie, 2009). Berapa tahun kemudian mungkin akan bermunculan
lagi social media yang akan mencoba merambah dunia Internet yang lebih menarik
fitur-fiturnya dibanding facebook dan twitter. Dan semakin dimudahkannya
pengguna internet untuk memilih social media mana yang menurutnya cocok untuk
digunakan dalam keseharian.[5]
Facebook didirikan oleh oleh Mark Zuckerberg
pada tanggal 4 Februari 2004. Awalnya hanya untuk lingkungan sendiri dimana
digunakan untuk komunikasi antar mahasiswa lulusan Harvard dan mantan murid
Ardsley High School. Tetapi penggunaan facebook diperluas ke wilayah
universitas lain yaitu wilayah (Boston Boston College, Boston University, MIT,
Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk
dalam Ivy League. Facebook semakin meluas karena semua pengguna facebook yakni
para mahasiswa mempunyai teman lain dan mengajak teman teman nya juga bergabung
sehingga anggotanya hampir seluruh mahasiswa sedunia. Hal tersebut berjalan
sangat cepat yakni 1 tahun.
Facebook
merupakan situs no.1 saat ini yang dicari-cari orang diseluruh dunia
melalui google search dengan kata kunci facebook,login facebook,cara membuat
facebook, dan semua kata yang ada facebook nya.
Buktinya, . Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik
dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan
situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain
seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.[6]
Di Facebook, tingkat visibilitas untuk melihat profil pengguna lainnya cukup
tinggi. Para pengguna yang merupakan bagian dari jaringan yang sama dapat bebas
melihat profil satu sama lain, kecuali jika si pemilik profil memutuskan untuk
menutup profil mereka, membatasi hanya dapat dilihat oleh lingkaran teman
terdekat saja.” (Ellison, Steinfeld, et al, 2007).
Sedangkan
twitter didirikan oleh Evan Williams, Jack
Dorsey, dan Biz Stone pada Maret 2006. Twitter merupakan salah satu jejaring
social yang mempunyai perkembangan sangat pesat. Twitter adalah jaringan
sosial micro blogging yang mengijinkan penggunanya untuk membaca dan mengirim
posting/updates yg biasa di sebut kicauan (tweets) namun terbatas pada 140
karakter saja, oleh karena itu disebut micro.[7]
Sedangkan BigTweet adalah sebuah plugin untuk browser Web yang memungkinkan
Anda mengirim suatu menciak ke twitter dengan hanya mengklik tombol BigTweet,
terletak di browser Anda link menu.[8]
Ø Facebook Vs Twitter
Perbedaan facebook dan twitter adalah terletak pada kompleksitas dan simplisitas.
Layanan Facebook dan fiturnya bisa dibilang komplit. Mulai dari sekadar update
status, berbagi link, berbagi gambar, berbagi video, berkirim pesan, blogging
(note), chatting bahkan untuk periklanan. Selain itu, facebook juga menyediakan
fitur undangan (invitation), cause, quiz, grup, dan sebagainya. Facebook
menawarkan konsep ’one-stop-visit’ kalau orang sering belanja maka di kenal
dengan ’one-stop-shopping’. Lebih jelasnya adalah sebagai berikut:
1.
Facebook
· Tampilan
facebook lebih kompleks dan meriah.
· Mempunyai
aplikasi tambahan yang begitu banyak, seperti game, postcard, survey, dll.
· Facebook
lebih nyaman untuk berkomunikasi.
· Tampilan
yang meriah dapat memikat orang Indonesia karena orang Indonesia suka akan
penampilan, berbeda dengan orang Amerika yang lebih menyukai twitter karena
tampilannya yang simple.
2. Twitter
· Tampilan
lebih sederhana.
· Lebih
focus pada microblogging, yaitu blog yang dibatasi hanya 140 karekter saja.
· Lebih
secara individual, dengan kata lain untuk curhat.
· Sering
digunakan orang untuk mengumpat.
Hubungan pertemanan dalam Facebook dapat
dimodelkan dengan menggunakan graf tak berarah. Hal ini disebabkan adanya
hubungan yang setara antara dua orang. Jadi jika si A terhubung dengan si B,
maka si B juga terhubung dengan si A (sifat komutatif).[9]
Representasi graf dari hubungan sosial dalam Facebook dapat dilihat pada gambar
sebagai berikut:
Pada
gambar di atas dapat kita lihat, A memiliki hubungan pertemanan dengan B. B
memiliki hubungan pertemanan dengan A, C, dan D. C memiliki hubungan pertemanan
dengan B dan D. Akhirnya, D memiliki hubungan pertemanan dengan B dan C.
Sedangkan hubungan sosial dalam Twitter dapat
direpresentasikan sebagai graf berarah, atau digraph.
Pertama, kita asumsikan bahwa arah pada edge menunjukkan aliran informasi (atau
update status) dari satu akun ke akun lain. Artinya jika si A mem-follow si B, maka A akan
mendapatkan informasi status dari B, sehingga akan ada edge berarah dari B ke
A.[10]
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut:
Dari
gambar di atas, dapat kita lihat beberapa hubungan sosial. Si A mem-follow si B, atau dengan kata lain
A adalah follower dari
B. B adalah follower dari C dan D. C adalah follower D. Dan akhirnya D adalah
follower dari B. Pada edge yang menghubungkan antara B dan D terdapat dua arah.
Hal ini menunjukkan hubungan timbal balik antara B dan D. Artinya, B merupakan
follower dari D dan vice versa.
B.
Promosi Online
Promosi
adalah arus informasi atau persuasi searah yang dibuat untuk mengarahkan
seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam
pemasaran Swastha dan Irawan (1997:349). Sedangkan promosi online adalah
kegiatan promosi menggunakan internet seperti halnya world of mouth online,
social media (twitter,facebook).[11]
Promosi dapat dilakukan secara manual maupun online. Tetapi seiring dengan
kemajuan jaman, para bisnis-man lebih menyukai promosi secara online dari pada secara manual (melalui koran,
brosur, majalah, dll) karena lebih praktis dan efisien.
Promosi
online menitikberatkan pada penggunaan media sebagai alat yang mempermudah
kinerja manusia dalam hal penginformasian produk.[12]
Untuk itu diperlukan internet sebagai media penghubung. Namun sekarang internet
telah berkembang menjadi ajang komunikasi yang sangat efektif, sehingga telah
menyimpang jauh dari misi awalnya (Soemirat, 2003: 188). Internet memberi
serangkaian kemampuan untuk komunikasi elektronik yang bisa membantu perusahaan
mengurangi biaya komunikasi (Severin dan Tankard, 2007: 7).
Salah
satu contoh untuk melalukan promosi online khususnya untuk aksesoris
(pernak-pernik) adalah melalui jejaring social yang mempunyai banyak pengguna
akhir-akhir ini yaitu facebook dan twitter. Dua jejaring social tersebut dapat
kita manfaatkan untuk mempromosikan pernak-pernik. Dengan cara memasang foto pernak-pernik
(seperti: gelang, kalung, cincin, bando, bros,
dll), ukuran dan harga, calon konsumen dapat dengan mudah memesannya.
Seperti Toko Petra dan jolie aksesoris yang telah menyediakan banyak grosir
aksesoris dan mereka sebagian besar mempromosikan produk mereka melalui twitter
dan facebook.
Promosi
aksesoris secara online melalui facebook dan twitter sebenarnya sama seperti
promosi produk lainnya. Hanya saja penentuan promosi aksesoris lebih di buat
spesifik agar obyeknya menjadi jelas. Jika hanya di bahas promosi saja, pembaca
akan merasa bingung untuk membayangkan produk apa yang dimaksud dalam
pembahasan ini. Dibawah ini adalah langkah-langkah promosi produk melalui
facebook dan twitter.
Ø Promosi Melalui Facebook
Cara
promosi online melalui facebook sangat mudah. Dibawah ini adalah cara mudah
untuk memasang iklan di facebook:
1. Pertama-tama
silahkan klik menu iklan dibagian bawah jendela facebook anda.
2. Setelah
halaman beriklan difacebook muncul klik tombol Buat Sebuah Iklan.
3. Pada
bagian memulai, ketikan alamat website anda didalam kotak url.
4. Jika
sudah tekan tombol lanjut.
5. Berikutnya
pada bagian Buat Iklan Anda, ketikan judul iklan didalam kotak text Judul.
6. Lalu
masukan isi iklan didalam kotak text
7. Kemudian
pilih opsi masukan foto pada kotak kombo foto, terus browse dan masukan gambar
anda untuk melengkapi iklan anda, tunggu proses aploadnya kemudian tekan tombol
lajut.
8. Pada
bagian Jangkau Pemirsa yang Anda Inginkan maka disitu anda bisa menentukan
target yang ingin anda tuju, pada kotak text kata kunci anda bisa memasukan
beberapa kata kunci yang memiliki jangkauan target pasar lebih banyak. Semakin
banyak jangkauan pasar niscaya kesempatan iklan anda terbaca oleh pengguna
facebook juga semakin banyak.
9. Setelah
itu silahkan mengisi berapa biaya yang sanggup anda bayar per klik didalam
Bayar Per Klik pada bagian Harga Iklan Anda. Di halaman yang sama ini anda juga
bisa mmengatur jam tayang iklan anda dan jika sudah klik tombol lanjut.
10.
Pada bagian Tinjau Ulang Iklan, anda bisa
meninjau ulang iklan anda dan jika masih ada yang kurang anda bisa tambahkan
dengan cara menekan tombol Ubah Iklan.
11. Jika
sudah lengkapi akun kredit anda untuk mempermudah pembayaran pemasangan iklan
dibagian Akun Kartu Kredit.
12.
Kemudian akhiri dengan menekan tombol Lakukan
Pemesanan. Dan dengan demikian anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak
facebook, jika iklan anda disetujui maka iklan anda akan termuat dalam
facebook.[13]
Ø Promosi Melalui Twitter
Twitter
tidak mau kalah dengan keeksissan facebook. Walaupun di twitter hanya dibatasi
140 karakter saja, tetapi kita dapat mempromosikan produk kita secara berbayar
ataupun gratis. Didalam twitter ada yang namanya follower, itu adalah sebutan
bagi teman kita yang ada di twitter. Beda dengan yang ada di facebook yang
mempunyai sebutan friend.
Untuk
melakukan promosi di twitter langkah awalnya adalah kita harus mempunyai akun
twitter terlebih dahulu. Jelas bahwa untuk mempromisikan produk lewat twitter
kita harus mempunyai akun twitter. Cara membuat akun twitter sangat mudah dan gratis.
Caranya seperti membuat email, facebook, friendster, dll, tinggal mengisi
formulir pendaftaran dan mengikuti perintah yang ada di twitter.
Setelah
memiliki akun twitter, langkah selanjutnya adalah kita harus mempunyai follower
yang banyak. Karena mempunyai follower yang banyak adalah langkah awal untuk
membuat jaringan social yang luas. Melalui mereka pula iklan kita dapat dibaca
dan bahkan diminati. Agar memiliki banyak follower, kita bisa mengiklankan
alamat twitter kita kepada teman-teman kita ataupun memasangnya melalui updates
status di facebook.
Ketika
kita sudah mempunyai follower yang banyak, barulah kita dapat berusaha keras
untuk memasang iklan di twitter dengan cara updates status di twitter. Kelebihan dari memasang status di twitter adalah
status yang kita pasang, secara otomatis akan tampil di dinding facebook. Jadi,
secara tidak langsung, tidak hanya follower kita saja yang dapat membaca iklan
yang kita pasang di twitter, tetapi juga teman kita yang berada di facebook.
Tetapi perlu diingat, bahwa pemasangan iklan yang terlalu sering dan berlebihan
dapat membuat follower kita merasa bosan dan akhirnya lebih memilih untuk
meng-unfollow.
C. Komunikasi
Pemasaran Aksesoris
Komunikasi
adalah pertukaran pesan verbal maupun non verbal antara si
pengirim dengan si penerima pesan untuk mengubah tingkah laku (Arni, 2005: 4).
Sedangkan menurut Lasswell komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh
komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu.
Sependapat dengan pendapat Lasswell bahwa Komunikasi merupakan penyampaian
pesan dari pengirim kepada penerima. Jika penyampaian pesan tersebut tidak
berjalan sempurna, pastilah salah satu pihak akan merasa dirugikan.
Sedangkan
Komunikasi pemasaran adalah fungsi dalam manajemen yang memusatkan perhatian
pada produk atau jasa untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen (Smith,
2005: 4). Komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communication)
dalam konsepnya mengintegrasikan dan mengkoordinasi berbagai saluran komunikasi
perusahaan untuk menghantarkan kesan yang jelas, konsisten, dan menarik tentang
organisasi dan produknya.[14]
Inti dari komunikasi pemasaran adalah proses komunikasi dari perusahaan untuk
mempengaruhi pelanggan atau calon pelanggan agar tertarik untuk membeli
produknya.
Menurut
Kotler (2001: 496) komunikasi pemasaran adalah cara yang digunakan perusahaan
untuk menginformasikan, mempersuasi, dan mengingatkan konsumen, baik secara
langsung maupun tidak langsung mengenai produk dan merek yang mereka jual.
Sehubungan dengan pendapat Kotler tersebut, aksesoris mempunyai sentuhan khusus
dalam membawa Imejnya. Bayak aksesoris yang tidak perlu Merk ataupun label yang
menunjukkan bahwa aksesoris merk X merupakan jenis aksesoris terkenal maupun
berkelas. Tetapi bagaimana perusahaan dapat dengan mudah serta efisien menarik
pelanggan agar mau membeli aksesoris tersebut dengan bentuk dan keunikan yang
dimiliki aksesoris tersebut.
Tidak
mudah untuk mengkomunikasikan dan memasarkan sebuah produk khususnya aksesoris
kepada konsumen. Mengingat banyak sekali orang yang memasarkan produknya
khususnya lewat facebook yang mempunyai fitur yang sangat meriah. Semua kendala
dapat diminimalisir dengan bagaimana usaha kita untuk menyampaikan tujuan
kepada konsumen.
Lihatlah
dinding facebook anda maupun dinding twitter anda. Jika anda mempunyai bayak
follower ataupun friends pasti anda akan menemukan seseorang yang mengirim
iklan aksesoris, fashion, bahkan benda-benda elektronik dengan berbagai
penawaran harga, bentuk, warna, ukuran hingga yang bermerk. Sering sekali
counter-counter aksesoris seperti Petra Accessories yang lokasinya berada di
seputaran pasar Beringharjo dan Jolie Accessories yang lokasinya berada di
Jl.Kyai Mojo, mereka lebih menyukai promosi melalui jejaring social dan telah
menambahkan jaringan yang luas walaupun lokasi meraka sangat strategis.
Mereka
telah merancang strategi untuk menarik hati konsumen dengan berbagai
komunikasi. Untuk aksesoris sendiri sebenarnya tidak terlalu mempermasalahkan
merk, yang penting bagaimana pelanggan tertarik pada produk dan membeli produk
kita. Menurut Brannan (2001: 42), ada
beberapa elemen komunikasi pemasaran, diantaranya adalah: advertising, public
relations, sales promotions:
1.
Advertising adalah informasi
yang ditempatkan, di media oleh sponsor tertentu yang jelas identitasnya yang
membayar untuk ruang dan waktu penempatan informasi tersebut.
2.
Public Relations adalah
perencanaan dan usaha yang terus menerus untuk membentuk dan memelihara
goodwill dan saling pengertian antara organisasi dengan publiknya.
3.
Sales Promotion adalah susunan
rancangan teknik pemasaran yang taktis (bersiasat) pada kerangka strategi
pemasaran untuk menambah suatu nilai produk atau jasa untuk mencapai penjualan
dan sasaran pemasaran tertentu.
D.
Pengaruh Promosi Online
terhadap Laba Penjualan Aksesoris
Jawaban sederhana untuk judul diatas adalah sangat
berpengaruh secara signifikan. Jolie Accessories dan Petra Aksessories telah
membuktikan adanya perubahan terhadap laba penjualannya seiring dengan perkembangan
jejaring social masa kini. Selain peningkatan kualitas produk, layanan, dan
keunikan produk, promosi dengan praktispun bisa di manfaatkan. Terdapat teori
bahwa semakin tua negeri ini, semakin fasilitasnya mendekati surga. Simpelnya,
apa yang tidak bisa di kerjakan secara praktis di era sekarang ini, mungkin
hanya sedikit pekerjaan yang dikerjakan secara ribet atau manual, dengan kata
lain tanpa bantuan media apapun.
Pengaruh promosi online tersebut telah dibuktikan
kevalidtannya oleh Chadwick Martin Bailey dan iModerate Research Technologies.
Mereka menemukan, bahwa 67% konsumen lebih cenderung membeli dari merek yang
mereka ikuti pada twitter, dan 51% lebih mungkin membeli dari sebuah merek yang
mereka ikuti di Facebook (Facebook.com). Selain itu, mereka 79% lebih mungkin
untuk merekomendasikan kepada teman (follower) dalam twitter, dan 60% lebih
mungkin untuk melakukan hal yang sama di Facebook. Hal ini menunjukan bahwa
social media merupakan media promosi online yang sangat berpengaruh
terhadap keputusan pembelian.[15]
Dari pernyataan Chadwick Martin Bailey dan iModerate Research
Technologies, secara tidak langsung penggunaan twitter untuk mempromosikan
produk lebih banyak diperoleh laba penjualannya daripada promosi melalui
Twitter. Lihat saja untuk pembelian produk, 67% konsumen membeli produk yang
diiklankan melalui twitter. Sedangkan difacebook, hanya memperoleh presentase
51%. Itu menunjukkan promosi di twitter lebih menguntungkan dibanding di
facebook. Rekomendasi kepada teman di twitter juga mempunyai presentase yang
lebih besar daripada facebook, yakni 79% dan facebook 60%.
Kembali lagi kepada perbedaan facebook dan twitter yang telah
dijelaskan diatas. Indonesia dengan Amerika mempunyai kesukaan yang berbeda.
Orang Amerika lebih menyukai sesuatu yang simple. Jadi dalam hal pemasaran,
mereka mendapat omset yang lebih banyak dari periklanan melalui twitter.
Berbeda dengan orang Indonesia yang lebih menyukai sesuatu yang meriah. Laba
penjualan yang didapat dari facebook pastilah lebih banyak dibanding laba
penjualan dari twitter.
PENUTUP
Kesimpulan
Kemajuan jaman telah benar-benar menuntut kita untuk terus
berkembang. Dengan munculnya internet sebagai media serbaguna, banyak
kegiatan yang dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Salah satu penggunaan internet adalah untuk memasarkan produk
aksesoris. Sebagai sasarannya adalah melalui media social online yang sekarang
ini telah menjadi trend dan kebutuhan manusia dari berbagai kalangan dan
profesi. Facebook dan twitter adalah sebagai media social online yang dapat
dijadikan partner untuk mempromosikan sebuah produk yaitu aksesoris.
Facebook dan twitter mempunyai karakteristik dan keistimewaan
sendiri-sendiri dalam mempromosikan produk. Di Indonesia facebook merupakan
jejaring social no.1. Karena facebook
mempunyai aplikasi yang meriah dibanding Twitter. Jadi dalam mempromosikan
produk, facebook merupakan peluang besar bagi para bisnis-man di Indonesia.
Sedangkan di Amerika lebih menyukai twitter karena aplikasinya yang simple.
Laba penjualan melalui promosi di facebook maupun twitter
berpengaruh secara signifikan. Laba penjualan yang didapat dari promosi di
media social online lebih banyak dibanding dengan promosi manual ataupun
melalui brosur, Koran, majalah, dll. Lihat saja konsumen lebih banyak membeli
produk yang diiklankan dari facebook dan twitter. Untuk masalah lebih baik mana
facebook atau twitter untuk mempromosikan sebuah produk khususnya aksesoris,
itu tergantung kesukaan masing-masing dan keadaan pasar serta permintaan
konsumen.
DAFTAR
PUSTAKA
-
“Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division
Dalam Memanfaatkan Media Jejaring Sosial facebook Sebagai Sarana
Promosi Secara Online.”, diambil dari
http://etd.eprints.ums.ac.id/16152/2/03._BAB_I.pdf
PDF bab 1, Diakses pada tanggal 7 april 2012.
-
Ivan. “Promosi di Facebook: Mengertilah Aturan Main”. 17
Februari 2009, diambil dari http://www.navinot.com/2009/02/17/promosi-di-facebook-mengertilah-aturan-main/ , diakses pada tanggal 22 Maret 2012.
-
“Promosi Bisnis Lewat Facebook.” Mei 2009, Diambil dari http://tutorialpenting.blogspot.com/2009/05/cara-promosi-bisnis-lewat-facebook.html ,
diakses pada tanggal 22 Maret 2012.
-
Arwuda, Social Agency. “Media Sosial Penyebab Anti Sosial.” 17
Maret 2012, diambil dari http://bianglalakata.wordpress.com/2012/03/17/media-sosial-penyebab-antisosial/,
diakses pada tanggal 25 Maret 2012.
-
“perbedaan Facebook dan Twitter.” Diambil
dari http://remajaislam.com/dunia-muda/iptek/34-perbedaan-facebook-dan-twitter.html , diakses
pada tanggal 7 April 2012.
-
“Apa Bedanya Facebook dengan Twitter?.” 5 Oktober 2010, diambil
dari http://arifn.wordpress.com/2010/10/05/apa-beda-facebook-twitter/ , diakses pada tanggal 7 April 2012.
-
“Sejarah FAcebook dan Twitter.” Diambil dari http://sejarahfacebookdantwitter.blogspot.com/ , diakses pada tanggal 8 April 2012.
-
Ayu Gemilang S.T, Rr Dian Ayu. “Peran Facebook
sebagai Media Komunikasi Bisnis Online.” Diambil dari http://eprints.upnjatim.ac.id/1663/1/file1.pdf ,
diakses pada tanggal 5 April 2012.
-
I Mahaldi, Hanif. “Social Media Online dan Dunia
Freelance.” 27 Februari 2012, diambil dari http://www.kamaropini.com/social-media-online-dan-dunia-freelance/ , diakses pada tanggal
25 Maret 2012.
-
“Pengertian Facebook dan Twitter.” Mei
2010, diambil dari http://smk-pgri-1-magetan-multimedia.blogspot.com/2010/05/pengertian-facebook-dan-twitter.html ,
diakses pada tanggal 8 April 2012.
[1] Ayu Gemilang S.T, Rr Dian Ayu. “Peran Facebook sebagai Media
Komunikasi Bisnis Online.” Diambil dari http://eprints.upnjatim.ac.id/1663/1/file1.pdf , diakses pada tanggal 5 April 2012.
[2] “Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division Dalam
Memanfaatkan Media Jejaring Sosial facebook Sebagai Sarana Promosi
Secara Online.”, diambil dari http://etd.eprints.ums.ac.id/16152/2/03._BAB_I.pdf
PDF bab 1, Diakses pada tanggal 7 april 2012.
[3] Ivan.
“Promosi di Facebook: Mengertilah
Aturan Main”. 17 Februari
2009, diambil dari http://www.navinot.com/2009/02/17/promosi-di-facebook-mengertilah-aturan-main/ , diakses pada
tanggal 22 Maret 2012.
[4] “Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division Dalam
Memanfaatkan Media Jejaring Sosial facebook Sebagai Sarana Promosi
Secara Online.”, diambil dari http://etd.eprints.ums.ac.id/16152/2/03._BAB_I.pdf
PDF bab 1, Diakses pada tanggal 7 april 2012.
[5] I Mahaldi, Hanif. “Social Media
Online dan Dunia Freelance.” 27 Februari
2012, diambil dari http://www.kamaropini.com/social-media-online-dan-dunia-freelance/ , diakses pada tanggal 25 Maret 2012.
[6] “Pengertian Facebook dan Twitter.” Mei 2010, diambil
dari http://smk-pgri-1-magetan-multimedia.blogspot.com/2010/05/pengertian-facebook-dan-twitter.html , diakses pada tanggal 8 April 2012.
[7] Ibid
[8] “Sejarah Facebook dan Twitter.” Diambil dari http://sejarahfacebookdantwitter.blogspot.com/ , diakses pada
tanggal 8 April 2012.
[9] “Apa Bedanya Facebook dengan Twitter?.” 5 Oktober 2010, diambil dari http://arifn.wordpress.com/2010/10/05/apa-beda-facebook-twitter/ , diakses pada tanggal 7 April 2012.
[10] Ibid
[11] “Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division Dalam
Memanfaatkan Media Jejaring Sosial facebook Sebagai Sarana Promosi
Secara Online.”, diambil dari http://etd.eprints.ums.ac.id/16152/2/03._BAB_I.pdf
PDF bab 1, Diakses pada tanggal 7 april 2012.
[12] “Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division Dalam
Memanfaatkan Media Jejaring Sosial facebook Sebagai Sarana Promosi
Secara Online.”, diambil dari http://etd.eprints.ums.ac.id/16152/2/03._BAB_I.pdf
PDF bab 1, Diakses pada tanggal 7 april 2012.
[13] “Promosi
Bisnis Lewat Facebook.” Mei 2009, Diambil dari http://tutorialpenting.blogspot.com/2009/05/cara-promosi-bisnis-lewat-facebook.html , diakses pada tanggal 22 Maret 2012.
[14] “Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division Dalam
Memanfaatkan Media Jejaring Sosial facebook Sebagai Sarana Promosi
Secara Online.”, diambil dari http://etd.eprints.ums.ac.id/16152/2/03._BAB_I.pdf
PDF bab 1, Diakses pada tanggal 7 april 2012.
[15] “Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division Dalam
Memanfaatkan Media Jejaring Sosial facebook Sebagai Sarana Promosi
Secara Online.”, diambil dari http://etd.eprints.ums.ac.id/16152/2/03._BAB_I.pdf
PDF bab 1, Diakses pada tanggal 7 april 2012.
mantap
BalasHapus