Kamis, 26 April 2012

Pengaruh Promosi Aksesoris Melalui Facebook dan Twitter

PENDAHULUAN

A.  Latar belakang
Seiring dengan kemajuan jaman, banyak kegiatan yang dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Kita dapat memperoleh keuntungan dengan hanya duduk manis dirumah tanpa harus keluar rumah atau bahkan berkeliling untuk menjual produk kita. Manusia sudah tidak lagi mempermasalahkan antara jarak dan waktu untuk berkomunikasi. Selain handphone sebagai media komunikasi jarak jauh, computer dan internet muncul  untuk melengkapi kebutuhan manusia.
Dengan munculnya internet, menyebabkan kebutuhan informasi manusia semakin tinggi. Hal tersebut melahirkan kemajuan teknologi secara signifikan. Seseorang dapat dengan mudah mengakses informasi penting tentang fenomena kejadian dibelahan dunia lain, tanpa harus berada ditempat tersebut. Padahal untuk mencapai tempat itu, memakan waktu berjam-jam, namun dengan hanya bermodalkan computer dengan koneksifitas internet, informasi tersebut dapat diperoleh dalam hitungan detik.[1] Sebaliknya, jika kita ingin mengirimkan atau menyebarkan berita, foto, video, data dll, akan sampai kepada orang yg kita tuju atau bahkan tersebar ke seluruh dunia.
Salah satu penggunaan internet adalah untuk memasarkan produk atau promosi. Menurut (Swasta dan Irawan, 1997: 34)  Promosi adalah arus informasi atau persuasi searah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Banyak perusahaan yang memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya. Selain untuk memecahkan masalah dalam perusahaan dengan berbagai strategi, Sistem informasi Manajemen telah membuka wawasan bagi para Bisnis-man untuk menyampaikan informasi dan memasarkan produk dengan mudah, murah dan cepat. Namun, yang akan dibahas dalam makalah ini adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan aksesoris wanita (pernak-pernik).
Facebook dan twitter merupakan alat komunikasi online yang tepat untuk mempromosikan aksesoris wanita. Mengingat facebook dan twitter adalah jejaring social yang mempunyai pengguna paling banyak bahkan hampir seluruh belahan dunia menggunakan facebook dan twitter, mulai dari anak-anak hingga dewasa dan dari berbagai kalangan serta profesi. Seperti yang dilaporkan oleh Agarwal (2011) bahwa pengguna facebook  pada bulan mei 2011 mengalami peningkatan sebesar 4.15%.[2]  facebook dan twitter sebagai situs jejaring sosial yang sarat akan informasi membuka kesempatan untuk mengembangkan usaha, yaitu untuk mengiklankan atau menjual produk. Kita dapat mempromosikan produk kita dengan cara memasang foto-foto aksesoris serta harga dan ukurannya di facebook ataupun twitter, orang akan dengan mudah melihat produk yang kita tawarkan dan dapat dengan mudah pula memesan produk kita.
Laba yang kita dapatkan  melalui promosi online untuk sekarang ini tampaknya lebih menjanjikan dibanding promosi melalui brosur, koran dan sejenisnya. Kesempatan untuk mengembangkan usaha melalui facebook dan twitter sangat luas, yaitu bisa dikunjungi market place yang ada di facebook dan twitter untuk mengiklankan atau menjual produk. pembaca juga bisa melihat, apa yang sedang trend saat ini dalam bidang usaha internet (Wiguna, 2009: 17). Tetapi perlu diingat juga bahwa promosi online khususnya melaui facebook ada aturan mainnya. Seperti pendapat (Ivan: 2009) dunia korporat dan pelaku politik telah mulai melirik Facebook sebagai media promosi. Sayangnya, banyak pihak masih belum juga mengerti aturan main, serta strategi penggunaan layanan Facebook yang benar dan efisien.[3]
Terdapat kontradiksi antara pendapat yang satu dengan yang lainnya, bahwa media social seperti facebook dan twitter memang mempunyai keunggulan tersendiri dalam menstranfer informasi antar individu maupun kelompok apalagi untuk memasarkan produk. Menurut Arwuda Indonesia (Social Media Agency), media social justru dapat menyebabkan antisocial. Mengapa demikian? Karena kita berinteraksi dengan tidak secara langsung, dengan kata lain, melalui perantara yaitu computer dan internet.
Promosi aksesoris online bisa dijadikan referensi bagi konsumen khususnya wanita pencinta aksesoris untuk melakukan pembelian. Konsumen dapat mengambil sendiri barang yang dipesan dengan datang ke counter aksesoris ataupun dapat juga delivery dengan pembayaran transfer uang. Komunikasi antara penjual dan pembeli perlu dijaga dengan baik agar umpan balik penjual dan pembeli saling menguntungkan. Karena jika komunikasi antara penjual dan pembeli tidak terjalin secara baik dan sempurna, maka salah satu pihak mungkin akan merasa dirugikan, mengingat bahwa jual beli dilakukan secara online, dengan kata lain tidak dengan tatap muka.
Salah satu strategi untuk meningkatkan laba penjualan aksesoris adalah melalui promosi online. Maka dari itu, peneliti mengambil judul: “PENGARUH PROMOSI AKSESORIS MELALUI FACEBOOK DAN TWITTER TERHADAP LABA PENJUALAN.”
B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian dalam latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagaimana pengaruh promosi aksesoris melalui facebook terhadap laba penjualan?
2.  Bagaimana pengaruh promosi aksesoris melalui twitter terhadap laba penjualan?
3.  Mana yang lebih banyak menghasilkan laba penjualan, apakah promosi melaui facebook ataukah twitter?
C.  Tujuan Penelitian
    Berdasarkan dengan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan:
1.    Untuk mengetahui pengaruh promosi aksesoris melalui facebook terhadap laba penjualan.
2.  Untuk mengetahui pengaruh promosi aksesoris melalui twitter terhadap laba penjualan.
3.  Untuk mengatahui seberapa banyak laba yang dihasilkan antara promosi melalui facebook dengan promosi melalui twitter.

PEMBAHASAN

A.  Sosial Media Online
        Media sosial online merupakan media yang diciptakan untuk memudahkan orang-orang saling berinteraksi dengan penggunaan teknologi internet yang mengubah penyebaran informasi dari bersifat yang broadcast media monologue (satu ke banyak audiens) ke social media dialogue (banyak audiens ke banyak audiens). Jenis serta komposisi media sosial online di dunia virtual sangat beragam, antara lain jejaring sosial (Facebook, Friendster, Linkedln, dan sebagainya), microblogging platform (Twitter, Plurk, Koprol, dan lain-lain), jejaring berbagi foto serta video (Flickr, Youtube, dan sebagainya), Podcast, Chat rooms, Message board, Forum, Mailing list, serta masih banyak lainnya.[4] Sedangkan pengertian social media marketing adalah salah satu bentuk marketing dengan menggunakan konsep Social Media (rasyid, 2009). Memasarkan sesuatu (product, brand, issue, etc) menggunakan tools-tools social media dengan memanfaatkan masyarakat yang turut berpartisipasi di social media. Salah satunya adalah memanfaatkan jejaring social untuk memasarkan sebuah produk yaitu melalui Facebook dan twitter.

Ø Facebook dan twitter
        Facebook dan twitter adalah jejaring social yang sekarang ini telah merebut perhatian para penggunanya. Dua jejaring social yang sangat popular tersebut telah menggeser friendster yang hanya mempunyai pengikut enam juta di Indonesia dan facebook mencapai 1,7 juta dengan kecenderungan tumbuh pesat (Luthfie, 2009). Berapa tahun kemudian mungkin akan bermunculan lagi social media yang akan mencoba merambah dunia Internet yang lebih menarik fitur-fiturnya dibanding facebook dan twitter. Dan semakin dimudahkannya pengguna internet untuk memilih social media mana yang menurutnya cocok untuk digunakan dalam keseharian.[5]
Facebook didirikan oleh oleh Mark Zuckerberg pada tanggal 4 Februari 2004. Awalnya hanya untuk lingkungan sendiri dimana digunakan untuk komunikasi antar mahasiswa lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Tetapi penggunaan facebook diperluas ke wilayah universitas lain yaitu wilayah (Boston Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Facebook semakin meluas karena semua pengguna facebook yakni para mahasiswa mempunyai teman lain dan mengajak teman teman nya juga bergabung sehingga anggotanya hampir seluruh mahasiswa sedunia. Hal tersebut berjalan sangat cepat yakni 1 tahun.
Facebook  merupakan situs no.1 saat ini yang dicari-cari orang diseluruh dunia melalui google search dengan kata kunci facebook,login facebook,cara membuat facebook, dan semua kata yang ada facebook nya.  Buktinya, . Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.[6] Di Facebook, tingkat visibilitas untuk melihat profil pengguna lainnya cukup tinggi. Para pengguna yang merupakan bagian dari jaringan yang sama dapat bebas melihat profil satu sama lain, kecuali jika si pemilik profil memutuskan untuk menutup profil mereka, membatasi hanya dapat dilihat oleh lingkaran teman terdekat saja.” (Ellison, Steinfeld, et al, 2007).
Sedangkan twitter didirikan oleh Evan Williams, Jack Dorsey, dan Biz Stone pada Maret 2006. Twitter merupakan salah satu jejaring social yang mempunyai perkembangan sangat pesat. Twitter adalah jaringan sosial micro blogging yang mengijinkan penggunanya untuk membaca dan mengirim posting/updates yg biasa di sebut kicauan (tweets) namun terbatas pada 140 karakter saja, oleh karena itu disebut micro.[7] Sedangkan BigTweet adalah sebuah plugin untuk browser Web yang memungkinkan Anda mengirim suatu menciak ke twitter dengan hanya mengklik tombol BigTweet, terletak di browser Anda link menu.[8]


Ø Facebook Vs Twitter
Perbedaan facebook dan twitter adalah terletak pada kompleksitas dan simplisitas. Layanan Facebook dan fiturnya bisa dibilang komplit. Mulai dari sekadar update status, berbagi link, berbagi gambar, berbagi video, berkirim pesan, blogging (note), chatting bahkan untuk periklanan. Selain itu, facebook juga menyediakan fitur undangan (invitation), cause, quiz, grup, dan sebagainya. Facebook menawarkan konsep ’one-stop-visit’ kalau orang sering belanja maka di kenal dengan ’one-stop-shopping’. Lebih jelasnya adalah sebagai berikut:
1.    Facebook
·       Tampilan facebook lebih kompleks dan meriah.
·       Mempunyai aplikasi tambahan yang begitu banyak, seperti game, postcard, survey, dll.
·       Facebook lebih nyaman untuk berkomunikasi.
·       Tampilan yang meriah dapat memikat orang Indonesia karena orang Indonesia suka akan penampilan, berbeda dengan orang Amerika yang lebih menyukai twitter karena tampilannya yang simple.
2.  Twitter
·       Tampilan lebih sederhana.
·       Lebih focus pada microblogging, yaitu blog yang dibatasi hanya 140 karekter saja.
·       Lebih secara individual, dengan kata lain untuk curhat.
·       Sering digunakan orang untuk mengumpat.
Hubungan pertemanan dalam Facebook dapat dimodelkan dengan menggunakan graf tak berarah. Hal ini disebabkan adanya hubungan yang setara antara dua orang. Jadi jika si A terhubung dengan si B, maka si B juga terhubung dengan si A (sifat komutatif).[9] Representasi graf dari hubungan sosial dalam Facebook dapat dilihat pada gambar sebagai berikut:
Contoh representasi graf hubungan sosial di Facebook
Pada gambar di atas dapat kita lihat, A memiliki hubungan pertemanan dengan B. B memiliki hubungan pertemanan dengan A, C, dan D. C memiliki hubungan pertemanan dengan B dan D. Akhirnya, D memiliki hubungan pertemanan dengan B dan C.
Sedangkan  hubungan sosial dalam Twitter dapat direpresentasikan sebagai graf berarah, atau digraph. Pertama, kita asumsikan bahwa arah pada edge menunjukkan aliran informasi (atau update status) dari satu akun ke akun lain. Artinya jika si A mem-follow si B, maka A akan mendapatkan informasi status dari B, sehingga akan ada edge berarah dari B ke A.[10] Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut:
Contoh representasi hubungan sosial di Twitter
Dari gambar di atas, dapat kita lihat beberapa hubungan sosial. Si A mem-follow si B, atau dengan kata lain A adalah follower dari B. B adalah follower dari C dan D. C adalah follower D. Dan akhirnya D adalah follower dari B. Pada edge yang menghubungkan antara B dan D terdapat dua arah. Hal ini menunjukkan hubungan timbal balik antara B dan D. Artinya, B merupakan follower dari D dan vice versa.
B.  Promosi Online
        Promosi adalah arus informasi atau persuasi searah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran Swastha dan Irawan (1997:349). Sedangkan promosi online adalah kegiatan promosi menggunakan internet seperti halnya world of mouth online, social media (twitter,facebook).[11] Promosi dapat dilakukan secara manual maupun online. Tetapi seiring dengan kemajuan jaman, para bisnis-man lebih menyukai promosi secara online  dari pada secara manual (melalui koran, brosur, majalah, dll) karena lebih praktis dan efisien.
        Promosi online menitikberatkan pada penggunaan media sebagai alat yang mempermudah kinerja manusia dalam hal penginformasian produk.[12] Untuk itu diperlukan internet sebagai media penghubung. Namun sekarang internet telah berkembang menjadi ajang komunikasi yang sangat efektif, sehingga telah menyimpang jauh dari misi awalnya (Soemirat, 2003: 188). Internet memberi serangkaian kemampuan untuk komunikasi elektronik yang bisa membantu perusahaan mengurangi biaya komunikasi (Severin dan Tankard, 2007: 7).
        Salah satu contoh untuk melalukan promosi online khususnya untuk aksesoris (pernak-pernik) adalah melalui jejaring social yang mempunyai banyak pengguna akhir-akhir ini yaitu facebook dan twitter. Dua jejaring social tersebut dapat kita manfaatkan untuk mempromosikan pernak-pernik. Dengan cara memasang foto pernak-pernik (seperti: gelang, kalung, cincin, bando, bros,  dll), ukuran dan harga, calon konsumen dapat dengan mudah memesannya. Seperti Toko Petra dan jolie aksesoris yang telah menyediakan banyak grosir aksesoris dan mereka sebagian besar mempromosikan produk mereka melalui twitter dan facebook.
        Promosi aksesoris secara online melalui facebook dan twitter sebenarnya sama seperti promosi produk lainnya. Hanya saja penentuan promosi aksesoris lebih di buat spesifik agar obyeknya menjadi jelas. Jika hanya di bahas promosi saja, pembaca akan merasa bingung untuk membayangkan produk apa yang dimaksud dalam pembahasan ini. Dibawah ini adalah langkah-langkah promosi produk melalui facebook dan twitter.
Ø Promosi Melalui Facebook
        Cara promosi online melalui facebook sangat mudah. Dibawah ini adalah cara mudah untuk memasang iklan di facebook:
1.    Pertama-tama silahkan klik menu iklan dibagian bawah jendela facebook anda.
2.  Setelah halaman beriklan difacebook muncul klik tombol Buat Sebuah Iklan.
3.  Pada bagian memulai, ketikan alamat website anda didalam kotak url.
4.  Jika sudah tekan tombol lanjut.
5.  Berikutnya pada bagian Buat Iklan Anda, ketikan judul iklan didalam kotak text Judul.
6.  Lalu masukan isi iklan didalam kotak text
7.  Kemudian pilih opsi masukan foto pada kotak kombo foto, terus browse dan masukan gambar anda untuk melengkapi iklan anda, tunggu proses aploadnya kemudian tekan tombol lajut.
8.  Pada bagian Jangkau Pemirsa yang Anda Inginkan maka disitu anda bisa menentukan target yang ingin anda tuju, pada kotak text kata kunci anda bisa memasukan beberapa kata kunci yang memiliki jangkauan target pasar lebih banyak. Semakin banyak jangkauan pasar niscaya kesempatan iklan anda terbaca oleh pengguna facebook juga semakin banyak.
9.  Setelah itu silahkan mengisi berapa biaya yang sanggup anda bayar per klik didalam Bayar Per Klik pada bagian Harga Iklan Anda. Di halaman yang sama ini anda juga bisa mmengatur jam tayang iklan anda dan jika sudah klik tombol lanjut.
10.               Pada bagian Tinjau Ulang Iklan, anda bisa meninjau ulang iklan anda dan jika masih ada yang kurang anda bisa tambahkan dengan cara menekan tombol Ubah Iklan.
11. Jika sudah lengkapi akun kredit anda untuk mempermudah pembayaran pemasangan iklan dibagian Akun Kartu Kredit.
12.               Kemudian akhiri dengan menekan tombol Lakukan Pemesanan. Dan dengan demikian anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak facebook, jika iklan anda disetujui maka iklan anda akan termuat dalam facebook.[13]

Ø Promosi Melalui Twitter
        Twitter tidak mau kalah dengan keeksissan facebook. Walaupun di twitter hanya dibatasi 140 karakter saja, tetapi kita dapat mempromosikan produk kita secara berbayar ataupun gratis. Didalam twitter ada yang namanya follower, itu adalah sebutan bagi teman kita yang ada di twitter. Beda dengan yang ada di facebook yang mempunyai sebutan friend.
        Untuk melakukan promosi di twitter langkah awalnya adalah kita harus mempunyai akun twitter terlebih dahulu. Jelas bahwa untuk mempromisikan produk lewat twitter kita harus mempunyai akun twitter. Cara membuat akun twitter sangat mudah dan gratis. Caranya seperti membuat email, facebook, friendster, dll, tinggal mengisi formulir pendaftaran dan mengikuti perintah yang ada di twitter.
        Setelah memiliki akun twitter, langkah selanjutnya adalah kita harus mempunyai follower yang banyak. Karena mempunyai follower yang banyak adalah langkah awal untuk membuat jaringan social yang luas. Melalui mereka pula iklan kita dapat dibaca dan bahkan diminati. Agar memiliki banyak follower, kita bisa mengiklankan alamat twitter kita kepada teman-teman kita ataupun memasangnya melalui updates status di facebook.
        Ketika kita sudah mempunyai follower yang banyak, barulah kita dapat berusaha keras untuk memasang iklan di twitter dengan cara updates status di twitter.  Kelebihan dari memasang status di twitter adalah status yang kita pasang, secara otomatis akan tampil di dinding facebook. Jadi, secara tidak langsung, tidak hanya follower kita saja yang dapat membaca iklan yang kita pasang di twitter, tetapi juga teman kita yang berada di facebook. Tetapi perlu diingat, bahwa pemasangan iklan yang terlalu sering dan berlebihan dapat membuat follower kita merasa bosan dan akhirnya lebih memilih untuk meng-unfollow.
C.  Komunikasi Pemasaran Aksesoris
        Komunikasi adalah pertukaran pesan verbal maupun non verbal antara si pengirim dengan si penerima pesan untuk mengubah tingkah laku (Arni, 2005: 4). Sedangkan menurut Lasswell komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu. Sependapat dengan pendapat Lasswell bahwa Komunikasi merupakan penyampaian pesan dari pengirim kepada penerima. Jika penyampaian pesan tersebut tidak berjalan sempurna, pastilah salah satu pihak akan merasa dirugikan.
        Sedangkan Komunikasi pemasaran adalah fungsi dalam manajemen yang memusatkan perhatian pada produk atau jasa untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen (Smith, 2005: 4). Komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communication) dalam konsepnya mengintegrasikan dan mengkoordinasi berbagai saluran komunikasi perusahaan untuk menghantarkan kesan yang jelas, konsisten, dan menarik tentang organisasi dan produknya.[14] Inti dari komunikasi pemasaran adalah proses komunikasi dari perusahaan untuk mempengaruhi pelanggan atau calon pelanggan agar tertarik untuk membeli produknya.
        Menurut Kotler (2001: 496) komunikasi pemasaran adalah cara yang digunakan perusahaan untuk menginformasikan, mempersuasi, dan mengingatkan konsumen, baik secara langsung maupun tidak langsung mengenai produk dan merek yang mereka jual. Sehubungan dengan pendapat Kotler tersebut, aksesoris mempunyai sentuhan khusus dalam membawa Imejnya. Bayak aksesoris yang tidak perlu Merk ataupun label yang menunjukkan bahwa aksesoris merk X merupakan jenis aksesoris terkenal maupun berkelas. Tetapi bagaimana perusahaan dapat dengan mudah serta efisien menarik pelanggan agar mau membeli aksesoris tersebut dengan bentuk dan keunikan yang dimiliki aksesoris tersebut.
        Tidak mudah untuk mengkomunikasikan dan memasarkan sebuah produk khususnya aksesoris kepada konsumen. Mengingat banyak sekali orang yang memasarkan produknya khususnya lewat facebook yang mempunyai fitur yang sangat meriah. Semua kendala dapat diminimalisir dengan bagaimana usaha kita untuk menyampaikan tujuan kepada konsumen.
        Lihatlah dinding facebook anda maupun dinding twitter anda. Jika anda mempunyai bayak follower ataupun friends pasti anda akan menemukan seseorang yang mengirim iklan aksesoris, fashion, bahkan benda-benda elektronik dengan berbagai penawaran harga, bentuk, warna, ukuran hingga yang bermerk. Sering sekali counter-counter aksesoris seperti Petra Accessories yang lokasinya berada di seputaran pasar Beringharjo dan Jolie Accessories yang lokasinya berada di Jl.Kyai Mojo, mereka lebih menyukai promosi melalui jejaring social dan telah menambahkan jaringan yang luas walaupun lokasi meraka sangat strategis.
        Mereka telah merancang strategi untuk menarik hati konsumen dengan berbagai komunikasi. Untuk aksesoris sendiri sebenarnya tidak terlalu mempermasalahkan merk, yang penting bagaimana pelanggan tertarik pada produk dan membeli produk kita.  Menurut Brannan (2001: 42), ada beberapa elemen komunikasi pemasaran, diantaranya adalah: advertising, public relations, sales promotions:
1.    Advertising adalah informasi yang ditempatkan, di media oleh sponsor tertentu yang jelas identitasnya yang membayar untuk ruang dan waktu penempatan informasi tersebut.
2.  Public Relations adalah perencanaan dan usaha yang terus menerus untuk membentuk dan memelihara goodwill dan saling pengertian antara organisasi dengan publiknya.
3.  Sales Promotion adalah susunan rancangan teknik pemasaran yang taktis (bersiasat) pada kerangka strategi pemasaran untuk menambah suatu nilai produk atau jasa untuk mencapai penjualan dan sasaran pemasaran tertentu.


D.  Pengaruh Promosi Online terhadap Laba Penjualan Aksesoris
Jawaban sederhana untuk judul diatas adalah sangat berpengaruh secara signifikan. Jolie Accessories dan Petra Aksessories telah membuktikan adanya perubahan terhadap laba penjualannya seiring dengan perkembangan jejaring social masa kini. Selain peningkatan kualitas produk, layanan, dan keunikan produk, promosi dengan praktispun bisa di manfaatkan. Terdapat teori bahwa semakin tua negeri ini, semakin fasilitasnya mendekati surga. Simpelnya, apa yang tidak bisa di kerjakan secara praktis di era sekarang ini, mungkin hanya sedikit pekerjaan yang dikerjakan secara ribet atau manual, dengan kata lain tanpa bantuan media apapun.
Pengaruh promosi online tersebut telah dibuktikan kevalidtannya oleh Chadwick Martin Bailey dan iModerate Research Technologies. Mereka menemukan, bahwa 67% konsumen lebih cenderung membeli dari merek yang mereka ikuti pada twitter, dan 51% lebih mungkin membeli dari sebuah merek yang mereka ikuti di Facebook (Facebook.com). Selain itu, mereka 79% lebih mungkin untuk merekomendasikan kepada teman (follower) dalam twitter, dan 60% lebih mungkin untuk melakukan hal yang sama di Facebook. Hal ini menunjukan bahwa social media merupakan media promosi online yang sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian.[15]
Dari pernyataan Chadwick Martin Bailey dan iModerate Research Technologies, secara tidak langsung penggunaan twitter untuk mempromosikan produk lebih banyak diperoleh laba penjualannya daripada promosi melalui Twitter. Lihat saja untuk pembelian produk, 67% konsumen membeli produk yang diiklankan melalui twitter. Sedangkan difacebook, hanya memperoleh presentase 51%. Itu menunjukkan promosi di twitter lebih menguntungkan dibanding di facebook. Rekomendasi kepada teman di twitter juga mempunyai presentase yang lebih besar daripada facebook, yakni 79% dan facebook 60%.
Kembali lagi kepada perbedaan facebook dan twitter yang telah dijelaskan diatas. Indonesia dengan Amerika mempunyai kesukaan yang berbeda. Orang Amerika lebih menyukai sesuatu yang simple. Jadi dalam hal pemasaran, mereka mendapat omset yang lebih banyak dari periklanan melalui twitter. Berbeda dengan orang Indonesia yang lebih menyukai sesuatu yang meriah. Laba penjualan yang didapat dari facebook pastilah lebih banyak dibanding laba penjualan dari twitter.

PENUTUP

Kesimpulan
Kemajuan jaman telah benar-benar menuntut kita untuk terus berkembang. Dengan munculnya internet sebagai media serbaguna, banyak kegiatan yang dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Salah satu penggunaan internet adalah untuk memasarkan produk aksesoris. Sebagai sasarannya adalah melalui media social online yang sekarang ini telah menjadi trend dan kebutuhan manusia dari berbagai kalangan dan profesi. Facebook dan twitter adalah sebagai media social online yang dapat dijadikan partner untuk mempromosikan sebuah produk yaitu aksesoris.
Facebook dan twitter mempunyai karakteristik dan keistimewaan sendiri-sendiri dalam mempromosikan produk. Di Indonesia facebook merupakan jejaring social no.1.  Karena facebook mempunyai aplikasi yang meriah dibanding Twitter. Jadi dalam mempromosikan produk, facebook merupakan peluang besar bagi para bisnis-man di Indonesia. Sedangkan di Amerika lebih menyukai twitter karena aplikasinya yang simple.
Laba penjualan melalui promosi di facebook maupun twitter berpengaruh secara signifikan. Laba penjualan yang didapat dari promosi di media social online lebih banyak dibanding dengan promosi manual ataupun melalui brosur, Koran, majalah, dll. Lihat saja konsumen lebih banyak membeli produk yang diiklankan dari facebook dan twitter. Untuk masalah lebih baik mana facebook atau twitter untuk mempromosikan sebuah produk khususnya aksesoris, itu tergantung kesukaan masing-masing dan keadaan pasar serta permintaan konsumen.


DAFTAR PUSTAKA

-         “Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division Dalam Memanfaatkan Media Jejaring Sosial facebook Sebagai Sarana Promosi Secara Online.”, diambil dari  http://etd.eprints.ums.ac.id/16152/2/03._BAB_I.pdf PDF bab 1, Diakses pada tanggal 7 april 2012.
-         Ivan. “Promosi di Facebook: Mengertilah Aturan Main”. 17 Februari 2009, diambil dari http://www.navinot.com/2009/02/17/promosi-di-facebook-mengertilah-aturan-main/ , diakses pada tanggal 22 Maret 2012.
-         “Promosi Bisnis Lewat Facebook.” Mei 2009, Diambil dari http://tutorialpenting.blogspot.com/2009/05/cara-promosi-bisnis-lewat-facebook.html , diakses pada tanggal 22 Maret 2012.
-         Arwuda, Social Agency. “Media Sosial Penyebab Anti Sosial.” 17 Maret 2012, diambil dari http://bianglalakata.wordpress.com/2012/03/17/media-sosial-penyebab-antisosial/, diakses pada tanggal 25 Maret 2012.
-         “perbedaan Facebook dan Twitter.” Diambil dari http://remajaislam.com/dunia-muda/iptek/34-perbedaan-facebook-dan-twitter.html , diakses pada tanggal 7 April 2012.
-         “Apa Bedanya Facebook dengan Twitter?.” 5 Oktober 2010, diambil dari http://arifn.wordpress.com/2010/10/05/apa-beda-facebook-twitter/ , diakses pada tanggal 7 April 2012.
-         “Sejarah FAcebook dan Twitter.” Diambil dari http://sejarahfacebookdantwitter.blogspot.com/ , diakses pada tanggal 8 April 2012.
-         Ayu Gemilang S.T, Rr Dian Ayu. “Peran Facebook sebagai Media Komunikasi Bisnis Online.” Diambil dari http://eprints.upnjatim.ac.id/1663/1/file1.pdf , diakses pada tanggal 5 April 2012.
-         I Mahaldi, Hanif. “Social Media Online dan Dunia Freelance.” 27 Februari 2012, diambil dari http://www.kamaropini.com/social-media-online-dan-dunia-freelance/ , diakses pada tanggal 25 Maret 2012.
-         “Pengertian Facebook dan Twitter.” Mei 2010, diambil dari http://smk-pgri-1-magetan-multimedia.blogspot.com/2010/05/pengertian-facebook-dan-twitter.html , diakses pada tanggal 8 April 2012.





[1] Ayu Gemilang S.T, Rr Dian Ayu. “Peran Facebook sebagai Media Komunikasi Bisnis Online.” Diambil dari http://eprints.upnjatim.ac.id/1663/1/file1.pdf , diakses pada tanggal 5 April 2012.


[2] “Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division Dalam Memanfaatkan Media Jejaring Sosial facebook Sebagai Sarana Promosi Secara Online.”, diambil dari  http://etd.eprints.ums.ac.id/16152/2/03._BAB_I.pdf PDF bab 1, Diakses pada tanggal 7 april 2012.

[3] Ivan. “Promosi di Facebook: Mengertilah Aturan Main”. 17 Februari 2009, diambil dari http://www.navinot.com/2009/02/17/promosi-di-facebook-mengertilah-aturan-main/ , diakses pada tanggal 22 Maret 2012.


[4] “Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division Dalam Memanfaatkan Media Jejaring Sosial facebook Sebagai Sarana Promosi Secara Online.”, diambil dari  http://etd.eprints.ums.ac.id/16152/2/03._BAB_I.pdf PDF bab 1, Diakses pada tanggal 7 april 2012.


[5] I Mahaldi, Hanif. “Social Media Online dan Dunia Freelance.” 27 Februari 2012, diambil dari http://www.kamaropini.com/social-media-online-dan-dunia-freelance/ , diakses pada tanggal 25 Maret 2012.

[6] “Pengertian Facebook dan Twitter.” Mei 2010, diambil dari http://smk-pgri-1-magetan-multimedia.blogspot.com/2010/05/pengertian-facebook-dan-twitter.html , diakses pada tanggal 8 April 2012.

[7] Ibid

[8] “Sejarah Facebook dan Twitter.” Diambil dari http://sejarahfacebookdantwitter.blogspot.com/ , diakses pada tanggal 8 April 2012.

[9] “Apa Bedanya Facebook dengan Twitter?.” 5 Oktober 2010, diambil dari http://arifn.wordpress.com/2010/10/05/apa-beda-facebook-twitter/ , diakses pada tanggal 7 April 2012.

[10] Ibid

[11] “Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division Dalam Memanfaatkan Media Jejaring Sosial facebook Sebagai Sarana Promosi Secara Online.”, diambil dari  http://etd.eprints.ums.ac.id/16152/2/03._BAB_I.pdf PDF bab 1, Diakses pada tanggal 7 april 2012.

[12] “Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division Dalam Memanfaatkan Media Jejaring Sosial facebook Sebagai Sarana Promosi Secara Online.”, diambil dari  http://etd.eprints.ums.ac.id/16152/2/03._BAB_I.pdf PDF bab 1, Diakses pada tanggal 7 april 2012.
[13] “Promosi Bisnis Lewat Facebook.” Mei 2009, Diambil dari http://tutorialpenting.blogspot.com/2009/05/cara-promosi-bisnis-lewat-facebook.html , diakses pada tanggal 22 Maret 2012.
[14] “Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division Dalam Memanfaatkan Media Jejaring Sosial facebook Sebagai Sarana Promosi Secara Online.”, diambil dari  http://etd.eprints.ums.ac.id/16152/2/03._BAB_I.pdf PDF bab 1, Diakses pada tanggal 7 april 2012.
[15] “Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division Dalam Memanfaatkan Media Jejaring Sosial facebook Sebagai Sarana Promosi Secara Online.”, diambil dari  http://etd.eprints.ums.ac.id/16152/2/03._BAB_I.pdf PDF bab 1, Diakses pada tanggal 7 april 2012.


1 komentar: