Minggu, 29 April 2012

Cerpen: Perjaka Gombal Eps.1

peRJ@ka  gOmbaL
EPISODE 1

Matahari telah terbit, Bambang masih terlelap dalam tidurnya. Bantal kesayangannya yang bergambar Spongebob sudah terlalu basah dan mulai membanjiri tempat tidurnya. Jam menunjukkan pukul 10.00 pagi. Ponselpun berbunyi,
 “Hallo… hhemm” dengan nada lemas sambil menggaruk-nggaruk bokong Bambangpun mengangkat telp tersebut.
“Wooiii anak jangkrik, dimana sih loe? Lama amat sih, bisa telat nih kekampusnya, gw presentasi tau gak loe” bentak Joko Sahabat Bambang.
 “waduuww Sory mas bro, gw lupa, gw mandi dulu ya, ntar gw kesitu, tunggu 1 jam lagi, wokey..” jawab Bambang.
 “ 1 jam lagi gundullmuuuuu kui, gw ada kelas jam setengah 11.00, sedangkan perjalanan kekampus setengah jam, loe kesini jam 11.00 itupun kalo nyampe n’ motor loe gak pake’ nyebur got plus gak dikejar-kejar banci kaleng di pertigaan jalan deket rumah loe”. Bentak Joko.
 “Pokoknya beres deh mas bro”. Jawab Bambang. Lalu ponselpun ditutup. Tiba-tiba bambang menjerit, “ wwwaddduuwww…. Emmaaakkkk… atit mmaakk..”. Emakpun langsung berlari ke kamar Bambang.
“ono opo to le? Yaampuunnn… bisulmu pecah to le? Pasti kamu garuk-garuk jadi pecah deh tu bisul. Emak kan dah bilang jangan garuk-garuk sembarangan, makane kandani wong tuo ojo ngeyel”.
“ kan gatel mak, hadduhhh… kaya’nya Bambang mau mati deh mak”.  Rintih Bambang kesakitan.
“hhusss… kamu itu ngomong apa? Nggak ada ceritanya tu bisul bikin orang mati. Sini Emak obatin”. Jawab Emak.
Di sisi lain, Joko yang masih ngomel-ngomel gak karuan diteras rumahnya, tanpa pikir panjang akhirnya ia berangkat sendiri kekampus tanpa menunggu Bambang. Joko yang tak pernah dan sangat anti naik bus karena takut mabuk, mau tak mau ia harus naik bus. Belum sampai ia berjalan  keluar dari gapura kampungnya untuk  menuju halte, tiba-tiba banci yang sering mangkal di pertigaan jalan sudah berada di belakangnya.
 “ Haii mas ganteng, bagi duitnya donk” .
“Astaghfirullah….. kaget gw… naudzubillah.. ngimpi apa gw semalem ketemu ama banci monyong kaya’ gini. Jelek banget sih loe” ucap Joko.
“Apa loe bilang? Loe kira gw monyet, pke’ monyong-monyong segala? Heh.. asal loe tau ya, jelek-jelek gini bokap gw suster, nyokap gw tentara. Dan yang paling penting loe tau ya, Ade Ray Om gw buuuuuuu… ngerti gak loe? So, jangan cem-macem ama gw. Tehek loe?” bentak si banci.
“tehek-tehek, tahik loe… lagak loe sok kecakepan. Ganteng kagak. Cantik juga kagak. Ancur mah iya. gak jelas muka n’ bentuknya, abstrak!!!” balas Joko.
 “enak aja cantik-cantik gini dibilang abstrak. Gw tau emak babe loe sapa. Emak loe jualan gorengan kan? Babe loe pengacara peyot kan alias pengangguran banyak acara. Gw tau loe paling cakep sekampung nii, tapi sayangnya lebih cakepan pantat gw. Nih cium klo loe mau. Hahahahaah….” Ejek si banci.
 “wwooo cari gara-gara loe ama gw? Jangan bawa-bawa emak n’ babe gw ya. Asal loe tau ya, babe gw tu bukan pengangguran tapi udah pensiun. Liat aja tu mukanya dah peyot. Tapi jangan salah, waktu masih muda dulu mukanya gak kalah gantengnya ama Pasha Ungu. Daripada loe ngaku-ngaku ponakannya Ade Ray. Bokies banget sih loe, Ade Ray itu burungnya nge-Rock abizzz, lha klo loe? Udah bisa di tebak, burung loe dangdutan. Hahahaah…” balas Joko. Lalu si banci mengejar Joko sampai keliling kampung. Tiba-tiba dari arah yang berlawanan datanglah becak yang melaju dengan kencang dan akhirnya menabrak banci tersebut.
“awas loe ya klo ketemu gw kawinin loe!!!” teriak si banci sambil merintih kesakitan.
Matahari sudah mulai terbenam. Jam menunjukkan pukul 17.53. Adzan mulai berkumandang. Allahuakbar allahuakbar……………. Bambang yang beperawakan sedang, berambut cepak dan agak pirang serta berkulit sawo matang sedang bersiap-siap untuk pergi ke masjid. Emak dan babe yang sedang duduk di ruang tengah, tiba-tiba emak menghentikan langkah kaki bambang yang sudah mulai beranjak akan meninggalkan rumah.
“wah anak emak sholeh bener, sekalian nih babemu diajak ke masjid, keburu udzur.
Babepun tak mau kalah dari emak “ enak aja, peyot-peyot gini babe masih kuat”.
“ halah, masih kuat kok ngangkat kucing hamil aja kagak bisa.” Ucap emak.
“hahahaha…. Babe itu mau kemasjid asalkan di masjid ada cewek Bahenol mak, baru deh tu otot-ototnya pada megar n’ giginya yang tinggal tiga butir itu pada tumbuh semua. Yaudah, Bambang ke masjid dulu ya mak……  assalamualaikum….” Ucap Bambang.
“Wa’alaikumusalam…” jawab emak dan babe.
Sesampainya dimasjid, tiba-tiba Joko datang dan ngomel-ngomel. “Heh coy, bahlul ente.. gue nungguin loe tadi pagi ampe karatan di pinggir jalan, belum lagi tadi banci sarap ngejar-ngejar gue.. eh loe malah kagak dateng, gue minta tanggung jawab loe sebagai lelaki..” bentak Joko.
“Iiiihhh…. Amint-amit, gue kagak seHINA itu ya, loe kira gue menghamili loe apa? Gue masih normal coy… okey gue jelasin, waktu gue nrima telp dari loe, gue kagak sengaja garuk-garuk pantat, dan akhirnya terjadilah musibah yang tak diinginkan..” Terang Bambang.
“hah Innalillahi wa inna illaihi rojiun… gue turut berduka cita atas meninggalnya Babe loe yang udah peyote itu coy, g nyangka secepat itu babe loe dipanggil ama yang Maha Kuasa..” ucap Joko.
“Anjriiittt.. loe… peyot-peyot gitu Babe gue di kasih tahta ama Dewi Kuan’im supaya umurnya panjang..” ucap Bambang dengan nada tinggi.
“hah kok bisa? Tau darimana klo babe loe dikasih umur panjang ama Dewi Kuan’im?” Tanya Joko penasaran.
“ya taulah.. babe gue tuh sering nonton film kera sakti dan ngakunya babe gue itu turunan dari kera sakti.” Jawab Bambang.
“wahahahaaa… berarti babe loe monyet donk… oh iya, loe belum kasih tau kenapa loe tadi pagi ingkar janji?” Tanya Joko.
“Soryyyy coy, tadi pagi bisul gue pecah, jadi kagak bisa kemana-mana. Jawab Bambang dengan penuh penyesalan.
Tidak lama kemudian datanglah pak ustadz. Lalu dengan serentak mereka menyapa, “Assalamualaikum pak ustadz…”
“wa’alaikumusalam warahmatullahi wabarakatuh…” ayo kita sholat berjamaah sama-sama.” Ajak pak ustadz.
Setelah sholat magrib mereka mengaji dan melanjutkan dengan sholat isya’. Sepulang dari masjid, Bambang dan Joko tidak langsung pulang kerumah, namun mereka nongkrong di pos ronda bersama dengan pemuda-pemuda desa lainnya.
“Wahai para pemuda-pemuda yang ganteng-ganteng dan gue yang paling ganteng disini, mari kita maen kartu!” Ajak Joko.
“Yoi Coy, tapi gue kagak terima ama ucapan loe barusan. Kata Zaenab cewek paling bohay dikampung kita ini, gue adalah cowok paling ganteng di kampong kita ini. Jadi gue yang berhak ngedapetin Zaenab dan mimpin pemuda pemudi desa kita.” Tegas Tarno.
Lalu para pemuda-pemuda ketawa ketiwi.
“Tarno… Tarno… udah jelek, bau’, bego’ lagi.. Zaenab loe percayain, dia kan setengan hidup alias gila.. ayam aja Tau Joko lebih ganteng daripada loe. Hahahaaa…” Ejek Dadang.
Lalu Tarn ngomel-ngomel gak karuan.
Disela asiknya maen kartu, tiba-tiba pak ustadz datang. “Assalamualaikum…” sapa pak ustadz.
“waalaikumusalam…” jawab mereka serentak.
“kalian sedang main kartu ya? tapi Jangan berjudi lho, ntar dosa.” Ucap pak ustadz sambil cengar cengir.
“ah.. pak ustadz suudzon nih, dosa lho..” Ucap Yadi.
“ustadz kan juga manusia, ya pastinya dia juga punya dosa lah.” Tanggap Tarno.
“tumben loe pinter tar, biasanya bego’…” hahahaaa Ejek Bambang.
“Sudah-sudah jangan pada ribut gitu, kalian itu masih labil dan masih imut, jadi hati-hati kalo pada becanda…. saya permisi pulang dulu yaa… assalamualaikum…!” pamit pak ustadz sambil menginggalkan pos ronda.
“waalaikumusalam…” Jawab mereka serentak.
“Ustadz yang aneh, masa’ kita di bilang imut, emangnya kita kaya’ tompel semut apa?” Ucap Dadang.
“Pak ustadz itu bukan lagi aneh Dang, tapi lebih tepatnya mirip Jalangkung!” Ucap joko.
“Kok bisa?” Tanya Yadi.
“Soalnya DATANG TAK DIJEMPUT PULANG TAK DIANTAR…”
“Wahahahaaaaa…”. Ketawa mereka yang berlebihan dan sangat keras, ternyata membangunkan HANTU penunggu pohon jengkol dekat pos ronda. Lalu para pemuda-pemuda itu lari terbirit-birit dan kembali kerumah masing-masing.


                         


                         






                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar