LATAR BELAKANG
Kemiskinan
tetap menjadi fenomena yang nyata di negeri kita ini. Begitu banyak penyebab
kemiskinan yang bahkan disebabkan oleh pemerintah kita sendiri. Seharusnya
mereka melindungi rakyat, setidaknya mengurangi kemiskinan tetapi justru mereka
sendiri yang malah menyebabkan kemiskinan itu bertambah. Apalagi saat ini
Negara sepertinya semakin tidak memperhatikan kesejahteraan rakyat. Banyak
kebijakan Pemerintah malah semakin membebani rakyat dan secara langsung terus
melestarikan kemiskinan.
Diawali
dari masalah minyak tanah yang sempat langka di pasaran, bahkan di
beberapa tempat rakyat harus antri sampai beberapa jam hanya untuk mendapatkan
dua liter minyak tanah. Harga beras juga terus meroket tajam mencapai lebih
dari Rp 5000 perkilogram. Tentu ironis. Indonesia sebagai negeri yang subur,
setelah lebih 60 tahun merdeka, terpaksa menjadi pengimpor beras dan tidak
sedikit rakyatnya kembali harus makan nasi aking atau gaplek karena harga beras
tak terjangkau. Sungguh ironis memang, di tengah angka kemiskinan yang tetap
tinggi, kita dikagetkan oleh berita peningkatan kekayaan yang dramatis dari
Aburizal Bakri dan keluarganya hingga senilai 5,4 miliar dolar AS (hampir Rp 50
triliun) tahun ini atau naik dari 1,2 miliar dolar AS pada tahun 2006 (Pikiran
Rakyat, 14/12/2007). Pada saat yang sama, PT Lapindo yang pemegang saham terbesarnya adalah Aburizal
Bakri dimenangkan atas para korbannya yang menangis menanti ganti rugi tanah
dan rumah mereka yang terendam lumpur.
Penyebab kemiskinan sendiri sangat
bervariasi dimana antara lain disebabkan oleh karena faktor lingkungan,
sosiokultural, ekonomi, politik, kebijakan publik dan sebagainya. Secara
kewilayahan, kondisi dan permasalahan kemiskinan tidak bisa digeneralisasikan
untuk semua wilayah. Pendekatan obyektif yang sering dipakai untuk mendasari
pengelompokan penduduk miskin dengan pendekatan garis kebutuhan minimum manusia
memberikan kondisi kemiskinan yang benar-benar fakir. Tanpa bisa melihat adanya
potensi-potensi internal yang bisa dioptimalkan dalam penanganan kemiskinan
tersebut.
Penyebab kemiskinan yang lain adalah
kebijakan ekonomi yang keliru. Contohnya seperti sektor riil tidak bergerak, Pemerintah berencana meningkatkan kembali
utang negara, berbagai upaya Pemerintah mulai program Jaring Pengaman
Sosial (JPS), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Askeskin dan Bantuan Tunai
Langsung (BLT) tampak tidak mampu menyelesaikan problem kemiskinan dan kesejahteraan
rakyat selama Pemerintah masih belum
mampu menggerakkan sektor
riil, dan Pemerintah menjadikan pajak sebagai sumber utama
penerimaan negara, terdapat alokasi belanja yang sangat bertolak belakang.
Fenomena kemiskinan di Indonesia
termasuk Kota Yogyakarta merupakan fenomena yang kompleks dan tidak dapat
secara mudah dilihat dari satu angka absolut. Kota Yogyakarta yang dikenal
sebagai kota pelajar dan kota wisata seiring dengan perkembangan kota memiliki
daya tarik yang kuat terhadap urbanisasi yang berpengaruh terhadap jumlah
penduduk. Keberagaman budaya masyarakat yang menyebabkab kondisi dan
permasalahan kemiskinan di Kota
Yogyakarta menjadi sangat beragam dengan sifat-sifat lokal yang kuat serta
pengalaman kemiskinan yang berbeda secara sosial maupun antara laki-laki dan
perempuan.
Dibawah ini adalah data dari jumlah
keluarga dan penduduk miskin di Kota Yogyakarta dilihat berdasarkan wilayah
maka terdapat variasi sebaran kemiskinan dan prevalensinya:
NO
|
KECAMATAN
/KELURAHAN
|
Jml KK
Miskin
|
Jml KK
|
Prevalensi
%
|
Jml
Pnduduk
Miskin
|
Jmlh
Pnduduk
|
Prevalensi
%
|
1
|
TEGALREJO
|
|
|
|
|
|
|
|
Kricak
|
1012
|
3991
|
25.36
|
2524
|
14226
|
17.74
|
|
Karangwaru
|
588
|
3140
|
18.73
|
1159
|
11460
|
10.11
|
|
Tegalrejo
|
693
|
2661
|
26.04
|
2227
|
10123
|
22.00
|
|
Bener
|
373
|
1395
|
26.74
|
1256
|
4995
|
25.15
|
|
JUMLAH
|
2666
|
11187
|
23.83
|
7166
|
40804
|
17.56
|
2
|
JETIS
|
|
|
|
|
|
|
|
Bumijo
|
802
|
2768
|
28.97
|
1794
|
10729
|
16.72
|
|
Cokrodiningratan
|
615
|
2747
|
22.39
|
2098
|
10536
|
19.91
|
|
Gowongan
|
596
|
2275
|
26.20
|
1185
|
8808
|
13.45
|
|
JUMLAH
|
2013
|
7790
|
25.84
|
5077
|
30073
|
16.88
|
3
|
GONDOKUSUMAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Demangan
|
404
|
3084
|
13.10
|
1353
|
11109
|
12.18
|
|
Kotabaru
|
137
|
987
|
13.88
|
402
|
4156
|
9.67
|
|
klitren
|
441
|
3476
|
12.69
|
1554
|
13275
|
11.71
|
|
Baciro
|
705
|
3971
|
17.75
|
2393
|
16103
|
14.86
|
|
Terban
|
572
|
3495
|
16.37
|
1914
|
12193
|
15.70
|
|
JUMLAH
|
2259
|
15013
|
15.05
|
7616
|
56836
|
13.40
|
4
|
DANUREJAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Suryatmajan
|
457
|
1524
|
29.99
|
1502
|
5671
|
26.49
|
|
Tegalpanggung
|
1020
|
2703
|
37.74
|
1769
|
10549
|
16.77
|
|
Bausasran
|
320
|
2370
|
13.50
|
1000
|
9255
|
10.80
|
|
JUMLAH
|
1797
|
6597
|
27.24
|
4271
|
25475
|
16.77
|
5
|
GEDONGTENGEN
|
|
|
|
|
|
|
|
Sosromenduran
|
546
|
2725
|
20.04
|
1761
|
10097
|
17.44
|
|
pringgokusuman
|
1073
|
4062
|
26.42
|
1814
|
15617
|
11.62
|
|
JUMLAH
|
1619
|
6787
|
23.85
|
3575
|
25714
|
13.90
|
6
|
NGAMPILAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Ngampilan
|
668
|
3286
|
20.33
|
1443
|
12638
|
11.42
|
|
Notoprajan
|
655
|
2461
|
26.62
|
1270
|
9579
|
13.26
|
|
JUMLAH
|
1323
|
5747
|
23.02
|
2713
|
22217
|
12.21
|
7
|
WIROBRAJAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Pakuncen
|
838
|
2982
|
28.10
|
2092
|
11706
|
17.87
|
|
Wirobrajan
|
657
|
2805
|
23.42
|
1362
|
10969
|
12.42
|
|
patangpuluhan
|
525
|
2155
|
24.36
|
1744
|
8309
|
20.99
|
|
JUMLAH
|
2020
|
7942
|
25.43
|
5198
|
30984
|
16.78
|
8
|
MANTRIJERON
|
|
|
|
|
|
|
|
Gedongkiwo
|
853
|
3943
|
21.63
|
2015
|
15371
|
13.11
|
|
suryodiningratan
|
660
|
3370
|
19.58
|
1224
|
12598
|
9.72
|
|
Mantrijeron
|
506
|
3075
|
16.46
|
1667
|
11840
|
14.08
|
|
JUMLAH
|
2019
|
10388
|
19.44
|
4906
|
39809
|
12.32
|
9
|
KRATON
|
|
|
|
|
|
|
|
Patehan
|
404
|
1906
|
21.20
|
1302
|
6884
|
18.91
|
|
Panembahan
|
558
|
2940
|
18.98
|
1790
|
10863
|
16.48
|
|
Kadipaten
|
392
|
2249
|
17.43
|
1200
|
7929
|
15.13
|
|
JUMLAH
|
1354
|
7095
|
19.08
|
4292
|
25676
|
16.72
|
10
|
GONDOMANAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Ngupasan
|
343
|
1860
|
18.44
|
1123
|
7092
|
15.83
|
|
pawirodirjan
|
903
|
2688
|
33.59
|
2264
|
10261
|
22.06
|
|
JUMLAH
|
1246
|
4548
|
27.40
|
3387
|
17353
|
19.52
|
11
|
PAKUALAMAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Purwokinanti
|
453
|
1960
|
23.11
|
1569
|
7415
|
21.16
|
|
Gunungketur
|
329
|
1456
|
22.60
|
1097
|
5207
|
21.07
|
|
JUMLAH
|
782
|
3416
|
22.89
|
2666
|
12622
|
21.12
|
12
|
MERGANGSAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Keparakan
|
696
|
2888
|
24.10
|
1525
|
11120
|
13.71
|
|
Wirogunan
|
760
|
3999
|
19.00
|
1730
|
14382
|
12.03
|
|
Brontokusuman
|
665
|
3172
|
20.96
|
2079
|
11738
|
17.71
|
|
JUMLAH
|
2121
|
10059
|
21.09
|
5334
|
37240
|
14.32
|
13
|
UMBULHARJO
|
|
|
|
|
|
|
|
Semaki
|
388
|
1608
|
24.13
|
1323
|
6062
|
21.82
|
|
Muja muju
|
440
|
3342
|
13.17
|
1514
|
12400
|
12.21
|
|
Tahunan
|
442
|
2662
|
16.60
|
1545
|
10080
|
15.33
|
|
Warungboto
|
305
|
2893
|
10.54
|
937
|
10453
|
8.96
|
|
Pandean
|
569
|
3784
|
15.04
|
1982
|
12616
|
15.71
|
|
Sorosutan
|
862
|
4137
|
20.84
|
1993
|
14575
|
13.67
|
|
giwangan
|
480
|
1694
|
28.34
|
1561
|
6386
|
24.44
|
|
JUMLAH
|
3486
|
20120
|
17.33
|
10855
|
72572
|
14.96
|
14
|
KOTAGEDE
|
|
|
|
|
|
|
|
Rejowinangun
|
529
|
3034
|
17.44
|
962
|
11755
|
8.18
|
|
Prenggan
|
716
|
3240
|
22.10
|
1461
|
11566
|
12.63
|
|
Purbayan
|
735
|
2699
|
27.23
|
2339
|
9752
|
23.98
|
|
JUMLAH
|
1980
|
8973
|
22.07
|
4762
|
33073
|
14.40
|
|
TOTAL
|
26685
|
125662
|
21.24
|
89818
|
470448
|
19.09
|
LANDASAN
TEORI
Ada beberapa teori tentang
pembagian bentuk-bentuk kemiskinan dari beberapa ahli dan secara umum penyebab
kemiskinan dikategorikan menjadi tiga bentuk, antara lain:
Kemiskinan struktural, yaitu kemiskinan yang
disebabkan oleh hal-hal yang berhubungan dengan kebijakan, peraturan maupun
lembaga yang ada dimasyarakat sehingga dapat menghambat peningkatan
produktivitas dan mobilitas masyarakat;
Kemiskinan kultural, yaitu kemiskinan yang
berhubungan dengan adanya nilainilai yang tidak produktif dalam masyarakat,
tingkat pendidikan yang rendah, kondisi kesehatan dan gizi yang buruk.
Kemiskinan alamiah, yaitu kemiskinan yang
ditunjukkan oleh kondisi alam maupun geografis yang tidak mendukung, misalnya
daerah tandus, kering, maupun keterisolasian daerah.
Dari pernyataan diatas secara spesifik beberapa ahli mengemukakan pendapat
bahwa kemiskinan disebabkan oleh faktor intern dan eksteren yaitu :
Faktor Intern penyebab terjadinya kemiskinan antara
lain;
© Rendahnya kualitas mental atau budaya dimana
memandang kemiskinan sebagai nasib yang harus diterima (sikap nrimo) dan sikap
masa bodoh yaitu sikap pasrah, sehingga tidak mempunyai inisiatif, tidak
mempunyai gairah, dan tidak dinamis untuk mengubah nasib mereka yang dianggap buruk.
© Sumber daya manusia yang terbatas atau kurang memadainya
pengetahuan, pendidikan dan ketrampilan baik dalam kualitas maupun jenis.
© Kerentanan sehingga keluarga miskin terpaksa harus
melepaskan aset-aset miliknya untuk memenuhi kebutuhan hidup.
© Ketidak-berdayaan (powerless) masyarakat
miskin dalam hal ketidakmampuan bersaing dengan masyarakat pada umumnya.
Faktor Ekstern penyebab terjadinya kemiskinan
antara lain;
Ketidak merataan kesempatan untuk mengakumulasikan
basis kekuatanosial, yang tidak terbatas pada modal produktif atau aset
(tanah,perumahan, kesehatan dan lain-lain), tetapi juga meliputi sumbersumber
keuangan (penghasilan dan kredit).
Keterbatasan informasi, ketidak terjangkauan
komunikasi ,menyebabkan tidak terjangkauanya pelayanan dan bantuan dari lembaga
pemberi bantuan.
Lingkungan sosial budaya yang mengakibatkan kurang
tingginya hasrat
untuk lebih maju dalam kehidupan
duniawi.
Adanya kebijakan publik yang bias pihak dan
mengorbankan posisi rakyat sebagai implikasi pembangunan.
Disebuah surat kabar mengatakan bahwa Badan Pusat Statistik
(BPS) memprediksi angka kemiskinan tahun ini mampu ditekan menjadi 11,5 persen
hingga 12,5 persen. Turun sekitar 1 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai
13,3 persen. Direktur Statsitik Harga BPS, Sasmito Wibowo mengatakan, untuk
mencapai target tersebut pemerintah harus melewati beberapa hambatan.
Diantaranya, upah buruh tani atau bangunan yang rendah. Upah nominal buruh tani
saat ini rata-rata Rp 27ribu per hari. Hambatan lain, yaitu kurangnya
pendidikan bagi orang yang kurang mampu. “Sekitar 81 persen penduduk miskin
hanya mampu menamatkan pendidikan sampai Sekolah Dasar,” tandasnya. Sasmito
bilang, perlu kebijakan percepatan pertumbuhan ekonomi rakyat miskin melalui
penyediaan sarana atau prasarana kehidupan di lokasi kemiskinan yang terpencil,
hubungan antar pulau yang masih terputus-putus, dan perbaikan implementasi
progaram yang sedang berjalan.
Dibawah ini adalah parameter
keluarga miskin di kota yogyakarta yang telah disepakati bersama oleh
masing-masing instansi di Kota Yogyakarta untuk selanjutnya diusulkan untuk
menjadi Keputusan Daerah yang secara formal menjadi acuan oleh semua pihak
sebagai indikator kemiskinan:
Aspek
|
Parameter
|
Bobot
|
1. Pendapatan
dan assets
|
1. Pendapatan rata-rata anggota keluarga setiap
bulan kurang dari Rp.150.000,-
2. Kepala Keluarga tidak bekerja.
3. Keluarga tidak memiliki barang selain tanah
yang bernilai lebih dari Rp. 500.000,-
4. Status tempat tinggal bukan milik sendiri.
5. Jenis bahan bakar untuk memasak yang digunakan
sehari-hari bukan gas.
6. Jenis alat penerangan yang digunakan bukan
listrik atau listrik tetapi bukan milik sendiri.
|
8
5
5
2
3
2
|
2. Pangan
|
1. Keluarga tidak mampu memberi makan Anggota
keluarga 3 kali setiap hari.
2. Keluarga tidak mampu membeli dan
menyediakan lauk daging/ayam atau susu 1 kali
dalam seminggu.
|
12
8
|
3. Sandang
|
1. Keluarga hanya bisa membeli pakaian baru bagi
Anggota keluarga maksimal 1 kali dalam satu tahun.
|
5
|
4.Papan
|
1. Luas tempat tinggal rata-rata tiap Anggota
keluarga kurang dari 8 meter persegi.
2. Jenis bahan lantai bidang terluas dari tempat
tinggal berupa tanah/bambu/ kayu kualitas rendah.
3. Jenis bahan dinding bidang terluas dari tempat
tinggal berupa bambu/kayu/bahan lain berkualitas rendah/tembok tanpaplester
atau diplester kualitas rendah.
|
3
3
4
|
5. Kesehatan
|
1. Keluarga tidak mampu mengobatkan anggota
keluarga yang sakit di Puskesmas.
2. Sumber air minum yang digunakan berasal dari
sumber air tidak terlindung.
3. Kebiasaan membuang air besar di sungai/MCK
umum/Milik tetangga.
|
10
5
5
|
6. Pendidikan
|
1. Pendidikan Kepala Keluarga maksimalhanya lulus
SD.
2. Terdapat anak usia sekolah yang DO.
|
5
10
|
7. Sosial
|
1. Keluarga tidak mengikuti aktifitas kegiatan
lingkungan sama sekali.
|
5
|
|
|
|
STRATIFIKASI
MISKIN:
1. FakirMiskin /
Miskin sekali.
2. Miskin.
3. Hampir
Miskin
4. Tidak Miskin.
|
Jumlah Bobot antara 76 – 100
Jumlah Bobot antara 51 – 75
Jumlah Bobot antara 31 – 50
Jumlah Bobot 0 – 30
|
Kode:
FM
M
HM
TM
|
KEBIJAKAN
PEMERINTAH
Dari berbagai penyebab kemiskinan
di atas, pemerintah Kota Yogyakarta telah mengambil kebijakan untuk mengurangi
kemiskinan yang terus meningkat, yakni:
Strategi Perlindungan Sosial
Strategi perlindungan sosial dimaksudkan untuk
menjamin pemberian rasa aman dan perlindungan pada penduduk miskin dan rentan
baik laki-laki maupun perempuan yang disebabkan antara lain karena dampak negatif
krisis ekonomi, peningkatan beban pengeluaran masyarakat akibat kebijakan
pemerintah dan lain
sebagainya..
Strategi Perluasan Kesempatan
Strategi ini dilakukan untuk menciptakan kondisi
dan lingkungan ekonomi, politik dan sosial yang memungkinkan penduduk miskin
baik laki-laki maupun perempuan dapat memperoleh kesempatan yang seluas-luasnya
dalam pemenuhan hak-hak dasar dan peningkatan taraf hidup secara berkelanjutan.
Strategi Peningkatan Kapasitas
Sumber Daya
Memberi kesempatan kepada masyarakat miskin untuk
mengembangkan potensinya dan kemampuan berusaha agar dapat memanfaatkan perkembanganlingkungan.
Strategi Pemberdayaan Masyarakat
Meningkatkan peran serta kelembagaan yang ada di
masyarakat serta memperluas partisipasi masyarakat miskin baik laki-laki
perempuan dalam pengambilan keputusan kebijakan publik, yang menjamin
penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak dasar.
Strategi Kemitraan
Mengembangkan hubungan kerja sama lokal, regional,
nasional dan internasional dalam upaya penanganan kemiskinan dan pengembangan
kesempatan kerja.
Selain kebijakan pemerintah diatas, ada
beberapa kebijakan salah satunya adalah dengan syrari’ah islam. Pada kebijakan
ini menyatakan bahwa dalam
pandangan Islam, sangat mendesak untuk
menghilangkan segera faktor-faktor yang membuat membengkaknya ekonomi balon dan
tidak bergeraknya sektor riil, yakni. Dalam konteks ekonomi, pelarangan bunga bank (riba) dan
judi (dalam bursa saham; yang
disebut oleh Maurice Alaise
sebagai a big casino) dipastikan akan meningkatkan velocity of money,
yang pada gilirannya akan
melancarkan distribusi kekayaan.
Di samping itu, Islam juga memandang problem ekonomi sesungguhnya memang bukan
kelangkaan barang (scarcity), melainkan buruknya distribusi. Fakta menunjukkan, kemiskinan terjadi bukan karena tidak ada uang, tetapi karena uang yang ada tidak sampai kepada orang-orang
miskin. Kemiskinan juga bukan
karena kelangkaan SDA, tetapi karena
distribusinya yang tidak merata. Sistem
ekonomi kapitalis telah membuat 80%
kekayaan alam, misalnya, dikuasai oleh 20% orang, sedangkan 20% sisanya harus diperebutkan oleh 80% rakyat.
Salah satu mekanisime untuk menjamin
distribusi secara merata adalah mengatur masalah kepemilikan. Dalam Islam, barang-barang yang menjadi
kebutuhan umum seperti BBM, listrik, air, dan lainnya sesungguhnya adalah milik
rakyat yang harus dikelola negara untuk kesejahteraan rakyat. Penetapan harga barang tersebut, karena semua
itu milik rakyat, mestinya didasarkan pada biaya produksi, bukan didasarkan
pada harga pasar. Kebijakan seperti ini dipercaya akan menjauhkan monopoli oleh
swasta dan gejolak harga yang disebabkan oleh perubahan harga pasar, seperti
yang sekarang terjadi pada minyak bumi, yang pada akhirnya membuat harga
barang-barang publik akan sangat murah dan senantiasa stabil.
Karena itu, sudah saatnya Pemerintah menghentikan privatisasi barang-barang milik
umum itu dan mencabut semua undang-undang yang melegalkan penjarahan SDA oleh
pihak asing. Dalam konteks
kebutuhan rakyat akan layanan pendidikan dan kesehatan, Islam telah mewajibkan
Pemerintah menjamin kebutuhan
tersebut. Karena itu, melakukan perubahan paradigma dalam
penyusunan APBN untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat agar kebutuhan layanan
publik bisa diwujudkan menjadi mutlak karenanya.
Lebih dari itu, sudah saatnya negeri ini diatur
oleh syariah Islam. Hanya dengan syariah Islam?yang notabene berasal dari
Zat Yang Maha Pengatur, Allah SWT?yang diterapkan oleh negara melalui tegaknya
Daulah Khilafah Islamiyah, khususnya dalam konteks pengaturan sistem ekonomi,
problem kemiskinan rakyat akan dapat diatasi secara tuntas.
Di
samping solusi, penerapan syariah Islam oleh negara juga merupakan wujud
ketakwaan umat kepada Allah SWT. Ketakwaan umat inilah yang akan menghasilkan
keberkahan hidup, sebagaimana yang telah Allah janjikan.
KESIMPULAN
Kemiskinan
memang tidak bisa lepas dari kehidupan disekeliling kita. Tidak mudah
untuk mengatasi kemiskinan di Kota Yogyakarta. Pemerintah Kota
Yogyakarta telah berencana untuk menanggulangi kemiskinan yang terus bertambah
setiap tahunnya. Tetapi aksi pemerintah tersebut membutuhkan dana APBD yang
cukup banyak. Berhasilnya penanggulangan kemiskinan di Kota Yogyakarta diperlukan komitmen yang kuat
konsisten dan konsekuen dari semua pihak baik dari unsur Pemerintah, Swasta dan
Masyarakat
Begitu banyak
rencana yang diusulkan oleh para pakar ekonomi tetapi tidak membuahkan hasil
yang maksimal. Memang untuk
mengentaskan kemiskinan salah satu pra syaratnya adalah mengurangi pengangguran
dan menyerap angkatan kerja baru dengan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.
Hanya saja apakah mungkin penyediaan lapangan kerja dapat dilakukan dengan
mengutamakan pertumbuhan ekonomi? Atau apakah ada korelasi langsung pengurangan
kemiskinan yang disertai distribusi kekayaan dengan tingginya tingkat
pertumbuhan ekonomi? Dengan kata lain dapatkah pertumbuhan ekonomi sebagai
problem solving untuk perekonomian?
Perdebatan
yang begitu banyak dikalangan pakar ekonomi dan pemerintah setempat menimbulkan
dua pemikiran yaitu kapitalis dan ekonomi islam. Yakni kebijakan ekonomi Islam
dalam menuntaskan kemiskinan yang sangat bertolak belakang dengan kebijakan
ekonomi Kapitalis yang berpijak pada metode pertumbuhan ekonomi. Kebijakan
ekonomi Islam memuliakan manusia sebagai manusia yang harus hidup layak dengan
menjamin pemenuhan kebutuhan pokoknya. Sementara kebijakan ekonomi Kapitalis
memuliakan material dengan menjamin
tercapainya produksi barang dan jasa secara maksimum. Islam menempatkan aspek
produksi pada tataran pembahasan ilmiah dan menyerahkan sepenuhnya kepada
manusia dengan tetap berpegang pada hukum syari’at. Sedangkan Kapitalisme
menempatkan aspek produksi pada tataran sistem ekonomi sehingga pertumbuhan
ekonomi- diletakkan di atas segalanya.
Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan
bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan
bumi. Akan tetapi, mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu sehingga Kami
menyiksa mereka disebabkan perbuatan mereka. (QS al-A?raf [7]: 96).
DAFTAR PUSTAKA
-
http://www.jogjakota.go.id/app/modules/banner/images/rad_kemiskinan.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar